Niat Shalat Sunnah Idul Adha Berjamaah dan Sendirian

ilustrasi shalat sunah
Sumber :
  • istimewa

BANDUNG – Hari raya Idul Adha akan tiba, umat Muslim seluruh dunia sebentar lagi akan merayakan hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban.

Profil Salwan Momika, Atheis Liberal yang Bakar dan Injak Al-Quran di Hari Idul Adha

Secara umum, Hari Raya Idul Adha ini setiap tahunnya jatuh pada hari ke-70 usai perayaan Idul Fitri. Di hari raya ini, umat Islam akan mengawali hari dengan melakukan sholat Idul Adha.

Perayaan Idul Adha sendiri dirayakan pada tanggal 10 Dzulhijjah setiap tahun. Merujuk pada keputusan Kementerian Agama dari hasil sidang isbat, sholat Idul Adha tahun ini diperkiraan bertepatan dengan hari Minggu, 10 Juli 2022.

Berkat Usulan Indonesia, Kini Idul Fitri-Idul Adha Diakui UNESCO Sebagai Hari Besar Keagamaan

Sholat Idul Adha dianjurkan bagi setiap Muslim. Para ulama menyebutkan bahwa hukum shalat Idul Adha ini sunah muakkadah, yakni shalat untuk penyempurna shalat wajib yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. 

Hal ini sesuai hadis Rasulullah SAW  yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim yang bunyinya sebagai berikut:

Imam Pakai Qunut saat Sholat Subuh, Makmum Ikut atau Tidak? Ini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

"Salat lima waktu sehari semalam.' Orang itu bertanya lagi, 'Apakah ada kewajiban (salat) lain?' Beliau menjawab, 'Tidak, kecuali engkau mengerjakan salat sunah',”

Bagi yang akan menjalankan ibadah shalat Idul Adha, diwajibkan untuk membaca niatnya terlebih dulu. Dilansir dari nu.or.id, pada Jumat, 8 Juli 2022 berikut ini bacaan niat sholat Idul Adha untuk imam, makmum, sendirian.

Halaman Selanjutnya
img_title