Waspada! Kanker Serviks Ancam Kesuburan Wanita, Ini Penjelasannya

Ilustrasi kanker
Sumber :
  • Pixabay

Bandung, VIVA Kanker leher rahim, atau serviks, adalah penyakit serius yang tidak hanya mengancam nyawa, tetapi juga bisa menyebabkan seorang wanita kehilangan kemampuan untuk memiliki anak. Penyebab utama penyakit ini adalah infeksi virus HPV.

Lindungi Dirimu! Yuk, Kenali Lebih Jauh tentang Kanker Payudara

Yang lebih mengkhawatirkan, kanker serviks seringkali tidak menunjukkan gejala di tahap awal. 

Oleh karena itu, sangat penting bagi wanita untuk melakukan pemeriksaan rutin. Jika dibiarkan, infeksi HPV dapat berkembang menjadi kanker invasif dan menyebar ke organ reproduksi lainnya, termasuk rahim. 

Stop Keramas Terlalu Sering! Ini Dia Penyebab Utama Rambut Kering

Ilustrasi kanker ovarium

Photo :
  • U-Report

“Terkena infeksi HPV bisa menjadi mandul, terutama kalau penyebaran infeksi HPV dari infeksi yang ringan menjadi infeksi yang berat lalu menjadi kanker, kemudian kankernya menjalar ke rahim,” ujarnya dalam acara diskusi kesehatan “Perempuan Indonesia Merdeka dari Bahaya Kanker Leher Rahim” di kawasan Jakarta Pusat pada Selasa, 13 Agustus 2024.

Istri Bantu Cari Nafkah Jadi Ojol, Suami Ini Malah Selingkuh dengan Wanita Cantik di SPBU

Menurut dr. Ivander Ramon Utama, seorang dokter spesialis kandungan, ketika kanker serviks sudah parah, seringkali dokter harus mengangkat rahim pasien untuk menyelamatkan nyawanya. Prosedur ini tentu saja akan membuat wanita tersebut tidak dapat hamil lagi. 

“Itu kan pengobatannya untuk menyelamatkan nyawa seorang perempuan, kita harus buang rahimnya dan dia akan menjadi mandul akibat infeksi HPV itu sendiri,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title