Mitos atau Fakta? Ajarkan Anak 2 Bahasa Bikin Bicara Lambat? Ini Jawaban Dokter

Ilustrasi Balita
Sumber :

Bandung, VIVA Setiap anak memiliki kemampuan berbahasa yang unik. Ada yang lancar berbicara sejak usia dini, namun ada pula yang membutuhkan waktu lebih lama. 

Kesaksian Murid Mama Ghufron sola Kontroversi Ajaran Sesat Sang Guru

Banyak orang tua ingin anak mereka fasih berbahasa asing sejak kecil, atau yang sering disebut bilingual. Namun, mengajarkan lebih dari satu bahasa pada anak bukanlah hal yang sederhana.

Para ahli anak menyarankan agar kita memperhatikan perkembangan bahasa anak secara individual. Pada usia dini, anak-benar-benar menyerap bahasa yang mereka dengar. 

Tutorial Log In Yandex Browser, Bisa Nonton Video Bokeh Jepang HD Tanpa Perlu Berlangganan

Ilustrasi Balita

Photo :
  • -

Namun, penting untuk memastikan bahwa anak tidak merasa bingung dengan terlalu banyak input bahasa. 

Kisah Cinta Hercules Unik, Bertemu dengan Sang Istri Saat Usia Muda

Jika anak kesulitan membentuk kalimat yang benar atau mengalami keterlambatan bicara, sebaiknya kita fokus pada satu bahasa terlebih dahulu. 

"Bayi atau balita bisa mendapatkan stimulasi secara proporsional. Tapi ketika bikin kalimat, 2 tahun berikutnya itu dia bisa nggak bikin kalimat sesuai dengan usianya. Kalau nggak efektif atau interaksinya nggak baik dalam komunikasi, salah satu distop dulu pemberian bahasanya," jelas Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Tumbuh Kembang dan Pediatri Sosial IDAI, Prof. DR. Dr. Rini Sekartini Sp.A(K), dalam media briefing secara daring, Selasa 20 Agustus 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title