Hilangnya Data Ponsel Bisa Dihindari! Ini Langkah-Langkah Backup Otomatis ke Cloud

Ilustrasi main gadget atau ponsel
Sumber :
  • Pixabay/Foundry

Bandung,VIVA – Dalam era digital saat ini, data pribadi pada ponsel seperti foto, video, dan dokumen pribadi lainnya menjadi sangat berharga. Kehilangan data tersebut bisa menjadi kerugian bagi pemilik data tersebut yang kebanyakan diakibatkan karena kerusakan pada perangkat atau kehilangan. Untungnya, ada solusi yang mudah dan efektif untuk melindungi data-data penting pada ponsel, yaitu dengan backup otomatis menggunakan layanan cloud. Berikut adalah cara-cara untuk memastikan data ponsel Anda tetap aman dengan memanfaatkan teknologi cloud.

AI Bisa Diskriminatif? Begini Cara Kecerdasan Buatan Memperlebar Kesenjangan Sosial!

Pertama, pilih layanan penyimpanan cloud yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa layanan populer yang banyak digunakan diantaranya adalah Google Drive, iCloud, dan OneDrive. Setiap layanan ini menawarkan kapasitas penyimpanan yang berbeda dan fitur yang bervariasi. Jadi pilihlah yang paling sesuai dengan jumlah data yang Anda miliki.

Kedua, aktifkan fitur backup otomatis di ponsel Anda. Untuk pengguna Android, buka aplikasi Google Photos dan aktifkan opsi “Backup & Sync”. Ini akan secara otomatis mencadangkan foto dan video Anda ke Google Drive. Selain itu, Anda dapat menggunakan fitur “Google Drive Backup” untuk menyimpan data aplikasi dan pengaturan sistem. Caranya adalah masuk ke “Settings”, pilih “Google”, kemudian “Backup” dan aktifkan opsi “Back up to Google Drive”.

Alternatif Streaming Video Pakai Yandex Browser Asal Rusia, Mudah Digunakan!

Untuk pengguna iPhone, prosesnya sedikit berbeda. Akses “Settings”, ketuk nama Anda di bagian atas, lalu pilih “iCloud”. Di sini, aktifkan “iCloud Backup” dan pastikan ponsel Anda terhubung ke Wi-Fi. iPhone akan secara otomatis mencadangkan data Anda, termasuk foto, video, dan pengaturan, ke iCloud secara berkala ketika ponsel diisi daya.

Ketiga, pastikan Anda memiliki cukup ruang penyimpanan di layanan cloud Anda. Jika kapasitas gratis tidak mencukupi, pertimbangkan untuk membeli paket tambahan agar semua data Anda dapat dicadangkan dengan aman.

WhatsApp Bisa Disadap? Ikuti 4 Cara Jitu Ini Agar Tetap Aman

Dengan mengaktifkan backup otomatis menggunakan layanan cloud, Anda dapat memastikan bahwa data penting di ponsel Anda tetap aman dari risiko kehilangan. Ini akan memberi Anda ketenangan karena Anda tahu bahwa meskipun terjadi masalah pada perangkat, data Anda tetap terjaga dengan baik di cloud.