Hati-Hati! Malware "Vo1d" Sudah Masuk Indonesia dan Mengincar Android TV Box

Ilustrasi malware
Sumber :
  • id.pinterest.com

Bandung, VIVAMalware "Vo1d" telah menyusup ke jutaan perangkat Android TV Box di seluruh dunia termasuk Indonesia. Virus ini bisa mengendalikan TV Box dari jauh, menginstall aplikasi tanpa izin, dan mencuri data pribadi. 

AWS Cloude: Transformasi Besar dalam Dunia Perbankan

Vo1d bukanlah malware biasa. Ia menargetkan perangkat Android TV Box yang menjalankan sistem operasi lawas. Perangkat seperti R4 TV Box dengan Android 7.1.2 KJ-Smart4kvip dengan Android 10.1 dan TV Box dengan Android 21.1 menjadi sasaran empuk. Semua versi Android ini sudah ketinggalan zaman dan penuh celah keamanan.

Penyebaran Vo1d sangat mengkhawatirkan. Malware ini telah terdeteksi di hampir semua negara dengan kasus terbanyak di Brazil Maroko Pakistan Arab Saudi Rusia Argentina Ekuador Tunisia Malaysia dan Indonesia. Vo1d menyusup melalui eksploitasi celah keamanan di Android atau melalui pembaruan firmware tidak resmi yang memberikan akses root.

Dapatkan 100GB Penyimpanan Sekarang! Harga Lebih Terjangkau dengan Google One

Dampak Vo1d sangat serius. Malware ini menyusup ke sektor penyimpanan sistem memungkinkannya mengunduh dan menginstal software pihak ketiga secara remote. Ini berarti perangkat Anda bisa dikendalikan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Lebih parah lagi Vo1d hanya menyerang perangkat yang tidak tersertifikasi Play Protect sehingga tidak memiliki perlindungan ketat dari Google.

Strategi Cerdas Meningkatkan Penjualan dan Loyalitas Pelanggan dengan WhatsApp Business API

Jangan biarkan Vo1d menghantui ruang keluarga Anda. Lakukan langkah pencegahan sekarang juga. Pastikan untuk memperbarui firmware perangkat Anda secara berkala dari sumber resmi. Gunakan hanya aplikasi yang tersertifikasi Play Protect. Aktifkan fitur keamanan seperti Google Play Protect untuk memindai malware. Yang terpenting jangan pernah menginstal aplikasi dari sumber tidak dikenal.