Tak Perlu Repot Ganti Kata Sandi, Google Password Manager Hadirkan Fitur Login dengan Passkey!

Ilustrasi seseorang membuka laman google
Sumber :
  • id.pinterest.com

Bandung, VIVAGoogle kembali menggulirkan inovasi terbaru pada layanan Password Manager, Kamis (19/9/2024) waktu Amerika Serikat. Pembaruan ini membawa kemudahan bagi pengguna dalam melakukan sinkronisasi passkey di berbagai perangkat dan platform. Fitur passkey, yang menggantikan peran kata sandi tradisional, semakin dioptimalkan untuk mempermudah login dengan keamanan maksimal.

Xiaomi Kuasai Pasar Gadget IoT dari Smartwatch hingga Pendingin Ruangan

Google browser

Photo :
  • id.pinterest.com

Passkey merupakan teknologi otentikasi yang memungkinkan pengguna login tanpa kata sandi. Sebagai gantinya, pengguna bisa menggunakan sistem keamanan biometrik pada ponsel, seperti pemindai sidik jari, pemindai wajah, PIN, atau pola. Sebelum pembaruan ini, penggunaan passkey hanya terbatas pada perangkat Android, dan pengguna yang ingin menggunakan passkey di platform lain harus melalui proses pemindaian kode QR yang cukup rumit.

Cara Membuat Tulisan Tebal dan Miring di WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan.

Namun, dengan pembaruan terbaru Google Password Manager, pengguna kini dapat menggunakan passkey yang sama di berbagai sistem operasi dan perangkat tanpa ribet. "Kini Anda dapat menyimpan passkey dari Windows, macOS, Linux, dan Android, serta ChromeOS ke Google Password Manager. Setelah tersimpan, passkey akan otomatis disinkronkan di seluruh perangkat Anda, sehingga proses login semudah memindai sidik jari Anda," kata Chirag Desai, Product Manager Chrome, dalam pernyataannya.

Inovasi Terbaru iOS 18: Menghitung Angka Hanya dengan Mengetik!

Fitur sinkronisasi ini memberikan kemudahan bagi pengguna untuk melakukan login di berbagai platform hanya dengan satu passkey. Sebagai contoh, pengguna macOS bisa masuk ke situs tertentu menggunakan passkey yang telah tersimpan di Google Password Manager, cukup dengan memindai sidik jari menggunakan Touch ID.

Halaman Selanjutnya
img_title