Ahli Bedah Tertua di Dunia Ditemukan di Kalimantan

Tim arkeoloh yang sedang menelusuri gua di Kalimantan
Sumber :
  • Kinez Riza

BANDUNG – Sekitar 31 ribu tahun silam, seorang ahli bedah prasejarah yang terampil memotong kaki bagian bawah seorang anak dari era pemburu-pengumpul di Kalimantan. Para arkeolog telah menyimpulkan bahwa operasi kuno ini menjadi amputasi medis paling awal yang pernah tercatat.

Ini 5 Negara yang Dihuni Banyak Janda, Indonesia Salah Satunya?

Keterampilan ahli bedah Zaman Batu sangat mengagumkan karena pasien tersebut dapat melanjutkan hidup enam sampai sembilan tahun setelah operasi.

"Ini adalah kejutan besar bahwa penjelajah purba ini selamat dari operasi masa kanak-kanak yang sangat serius dan mengancam jiwa. Lukanya sembuh dan membentuk tunggul. Mereka kemudian hidup selama bertahun-tahun di daerah pegunungan dengan mobilitas yang berubah," kata penulis studi Melandri Vlok.

Intip Peluang Timnas Indonesia Tampil di Olimpiade Dunia Pasca Piala Asia U-23

Ilustrasi anak era pemburu-pengumpul yang diamputasi di Kalimantan

Photo :
  • Jose Garcia

Sebuah tim arkeolog internasional menemukan sisa-sisa kerangka pemuda di dalam gua batu kapur yang dikenal sebagai Liang Tebo selama penggalian arkeologi pada 2020.

Lolos ke Perempat Final, Mungkinkah Timnas Indonesia U-23 Bisa Berlaga di Olimpiade Paris 2024?

Gua itu terpencil dan hanya dapat diakses dengan perahu pada waktu-waktu tertentu setiap tahun, kata para peneliti yang dikutip dari situs Live Science, Kamis, 8 September 2022.

Mereka menemukan kerangka kaki bagian bawah, termasuk kaki, dihilangkan melalui amputasi bedah yang disengaja dan adanya pertumbuhan tulang yang berhubungan dengan penyembuhan, menunjukkan bahwa anggota badan itu diamputasi melalui pembedahan bukan akibat serangan binatang atau kecelakaan tragis lainnya.

Halaman Selanjutnya
img_title