Bjorka Lewat, Ini Hacker Indonesia yang Bikin China 'Kocar Kacir'

Ilustrasi hacker
Sumber :
  • Pixabay

Bandung – Belakangan nama Jim Geovedi kerap disebut-sebut setelah ramainya pemberitaan terkait pembobolan data oleh hacker Bjorka. Geovedi dinilai sosok white hacker asal Indonesia yang mampu menandingi Bjorka.

Mengenal Xinjiang, Destinasi Wisata Muslim di Dataran China

Lantas, siapa sebenarnya Jim Geovedi? Pada 2009, Jim Geovedi sempat viral setelah mengunggah video cara membobol keamanan siber satelit luar angkasa. Dia mengaku mampu memanipulasi data keuangan dan mengontrol trafik internet di Indonesia.

Melansir VIVA, pria kelahiran Bandar Lampung pada 1979 ini merupakan pakar kenamaan siber, dia telah memutuskan untuk berhenti dari dunia black hat hacker atau peretas, dan memilih menjadi white hacker di perusahaan konsultan jasa sistem keamanan siber.

Profil, Karir dan Instagram Maria Zhang, Pemeran Suki di Serial Avatar: The Last Airbender

Hacker Bjorka

Photo :
  • Tangkap layar

Geovedi sebelumnya tidak memiliki latar belakang Pendidikan informatika, dia lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) pada 1998-1999 dan menjalani pekerjaan sebagai seniman grafis.

Kabar Baik untuk Timnas Indonesia Usai Qatar Libas China

Perkenalan dirinya dengan dunia informatika bermula saat seorang pendeta mengenalkan ia dengan komputer dan internet.

Semenjak itu ia belajar secara otodidak skill yang ia miliki. Kemudian, pada 2001, Geovedi mendirikan perusahaan konsultan teknologi informasi (TI) untuk lembaga pemerintah. Perusahaan tersebut diberi nama C2PRO Consulting.

Halaman Selanjutnya
img_title