Hacker Indonesia Komentari Soal Kebocoran Data yang Dilakukan Bjorka

Jim Geovedi dan Bjorka
Sumber :
  • kolase

BANDUNG – Beberapa waktu belakangan ini ramai dibicarakan soal hacker Bjorka yang mengklaim sukses membocorkan data pribadi sejumlah perusahaan dan instansi, bahkan melakukan doxing terhadap pejabat pemerintah.

Usai Serukan Boikot Produk Israel, Website MUI Tangsel Diretas Jadi Berisikan Konten Dewasa

Adapun hacker asal Indonesia, Jim Geovedi pernah viral pada 2009 karena berhasil menggeser satelit China. Saat itu dia diminta menguji sistem keamanan kontrol satelit dan melihat adanya kemungkinan untuk menggeser atau mengubah rotasinya.

Rupanya melalui akun Twitter @Geovedi, pria kelahiran Lampung ini pernah beberapa kali menulis tweet soal kebocoran data yang akhir-akhir ini kerap terjadi di Indonesia, baik yang terkait Bjorka maupun peretas lain.

Cegah Hacker Masuk ke WhatsApp HP

"Saya dengan bangga menyataka,n bahwa komentar saya 15 tahun yang lalu tentang lembaga pemerintah Indonesia yang memperlakukan situs web mereka seperti etalase toko biasa," ujarnya.

Saat itu dia mengomentari soal kebocoran data polisi dan Badan Intelijen Negara (BIN). Selain itu Jim juga menulis soal forum yang biasanya digunakan Bjorka untuk menjual data pribadi, Breached, yang akan diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Hati-hati WhatsApp Sedang Diintai

"Saya biasanya akan mengatakan cobalah lebih keras lagi. Tapi sekarang kita semua melihat omong kosong ini datang," tweetnya yang dikutip dari VIVA pada Minggu, 25 September 2022.

Selanjutnya adalah komentar soal 1,3 miliar data registrasi kartu SIM yang diposting oleh Bjorka. Dia mengatakan sudah kehabisan permainan kata-kata yang mengerikan atau kalimat untuk lelucon yang mengerikan soal keamanan data di Tanah Air

Halaman Selanjutnya
img_title