Ilmuwan: Tahun 2025 Manusia Bisa Bercocok Tanam di Bulan

Ilustrasi bulan purnama
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Bulan adalah batu tak bernyawa. Tetapi meskipun tidak ada makhluk hidup yang pernah ditemukan di permukaannya yang sunyi, beberapa bentuk kehidupan di Bumi mungkin bisa membuatnya.

Begini Penampakan Ammar Zoni saat Bulan Ramadhan di Penjara

Bekerja sama dengan perusahaan rintisan Lunaria One, para ilmuwan dari Australian National University (ANU) ingin menanam tanaman di bulan pada tahun 2025

Australian Lunar Experiment Promoting Horticulture (ALEPH-1) akan diluncurkan di atas pendarat Beresheet 2 SpaceIL, menurut pengumuman proyek Israel.

Buya Yahya Ungkap Tanda-tanda Orang yang dapat Malam Lailatul Qadar

Eksperimen serupa dilakukan China lewat pendarat Chang'e 4 yang berhasil menumbuhkan biji kapas, sebagaimana dikutip dari laman Space, Jumat, 21 Oktober 2022.

Tidak pernah ada yang tumbuh langsung di Bulan sebelumnya. Sementara tanaman dan benih ALEPH-1 akan disimpan dalam ruang pelindung, mereka masih akan menghadapi banyak tantangan. 

Begini Ciri-ciri Orang yang Mendapat Malam Lailatul Qadar, Buya Yahya Beri Pandangan

Di satelit alami Bumi itu, air akan sangat berharga, gravitasi akan lebih lemah, siang dan malam masing-masing akan berlangsung selama tujuh hari Bumi dan tidak ada atmosfer yang akan melindungi permukaan dari radiasi Matahari yang berbahaya.

"Luar angkasa adalah tempat pengujian yang luar biasa untuk menyebarkan tanaman di lingkungan yang paling ekstrem," kata ahli biologi tanaman di ANU, Caitlyn Byrt. 

Halaman Selanjutnya
img_title