Indonesia Jadi Negara Paling Banyak Diserang Malware

Ilustrasi hacker
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Januari hingga Juni tahun ini, Kaspersky berhasil mendeteksi dan memblokir sebanyak 79.442 serangan malware yang menargetkan perangkat seluler di Indonesia. Jumlah tersebut turun 66 persen dibandingkan 232.483 deteksi pada periode yang sama tahun lalu.

Gerak-gerik Aneh Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Dipastikan Lawan Korea Selatan

Negara kita menjadi nomor satu di Asia Tenggara dengan serangan seluler terbanyak dan keempat secara global. Masih terlalu dini untuk menganggap ancaman mobile malware tidak berbahaya.

Perusahaan keamanan siber ini melihat kemampuan penjahat siber untuk menyebarkan elemen berbahaya ini dengan menciptakan skema yang semakin beragam.

Pj Gubernur Jawa Barat Dilantik Jadi Staf Ahli Komunikasi Politik Sekretariat Negara

Hal ini dibuktikan dengan temuan Kaspersky bahwa banyak aplikasi palsu yang berbeda, yang didistribusikan melalui toko aplikasi resmi. Tidak jarang aplikasi yang diterbitkan di toko banyak memiliki peringkat yang sempurna dengan ulasan palsu bernarasi positif yang diposting di halaman.

"Pakar keamanan kami baru-baru ini mengungkapkan kampanye kriminal siber aktif yang menargetkan pengguna perangkat seluler di wilayah Asia Tenggara dengan serangan Harly, Anubis, dan Roaming Mantis," kata General Manager Kaspersky untuk Asia Tenggara, Yeo Siang Tiong di Jakarta, Senin, 31 Oktober 2022.

10 Negara Paling Religius di Dunia, Posisi Indonesia di Luar Dugaan

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa Harly adalah Trojan Subscriber yang menargetkan pengguna di negara-negara Asia Tenggara. Trojan tersebut dapat membuat pengguna berlangganan layanan berbayar tanpa sepengetahuan mereka.

Sementara Anubis menggabungkan Trojan mobile banking dengan fungsionalitas ransomware untuk memeras lebih banyak uang dari korbannya. Lalu Roaming Mantis merupakan kelompok terkenal yang secara aktif menargetkan pengguna Android dan iOS.

Halaman Selanjutnya
img_title