Ternyata Ini Alasannya Teripang Jadi Makanan Termahal saat Imlek

Ilustrasi olahan teripang
Sumber :
  • The Spruce Eats

BANDUNG – Teripang merupakan makanan mewah yang biasa disajikan saat imlek. Makanan ini pun dibanderol cukup fantastis hingga jutaan. Bahkan, satu kilogramnya bisa mencapai Rp50 juta di luar negeri.

Waspada! 7 Sayuran Ini Bisa Memperparah Asam Urat, Penderita Wajib Hindari

Teripang (Holothuria) adalah sejenis biota laut yang merupakan salah satu sumber protein hewani, dan telah lama dikonsumsi oleh masyarakat didalam maupun diluar negeri. 

Teripang adalah hewan yang bergerak lambat, hidup pada dasar substrat pasir, lumpur pasiran, lamun, alga maupun dalam lingkungan terumbu karang hidup/mati. 

Asupan Ajaib! Ini Rahasia Makanan yang Bikin Anak Berkarakter Baik Ala dr. Zaidul Akbar

Hewan jenis ini kulit durinya halus, sehingga sekilas tidak tampak sebagai jenis Echinodermata. Tubuhnya seperti mentimun dan disebut mentimun laut atau disebut juga teripang. Hewan ini sering ditemukan di tepi pantai. 

Gerakannya tidak kaku, fleksibel, lembut dan tidak mempunyai lengan. Rangkanya direduksi berupa butir-butir kapur di dalam kulit. Mulut terletak pada ujung anterior dan anus pada ujung posterior (aboral).

Orang China dan Jepang Tetap Sehat Meski Makan Mie Instan, Ternyata Ini Rahasianya

Di sekeliling mulut terdapat tentakel yang bercabang sebanyak 10 sampai 30 buah. Tentakel dapat disamakan dengan kaki tabung bagian oral pada Echinodermata lainnya. Tiga baris kaki tabung di bagian ventral digunakan untuk bergerak dan dua baris di bagian dorsal berguna untuk melakukan pernafasan. Selain itu pernafasan juga menggunakan paru-paru air. 

Manfaat Teripang

Halaman Selanjutnya
img_title