Nikmati Jajanan Khas Tanah Sunda, Ini Pengertian Es Cendol

Jajanan Es Cendol
Sumber :
  • Istimewa

BANDUNG - Mengenal kuliner khas Priangan, salah satunya adalah Es cendol. Es cendol adalah penganan yang dibuat dari tepung beras dan sebagainya yang dibentuk dengan penyaring, kemudian dicampur dengan air gula dan santan.

Es Cendol Elizabeth, Jajanan Melegenda di Bandung

Es Cendol merupakan minuman penutup es manis yang mengandung tetesan tepung beras hijau, santan, dan sirup gula aren. Es Cendol populer di Indonesia dan Asia Tenggara lainnya seperti Brunei, Cambodia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam dan Myanmar.

Cendol sebagai minuman tradisional khas Indonesia ini dulunya terbuat dari tepung hunkwe, tetapi kini cendol terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan.

Es Krim Pakcoy Asli Bandung Masuk Lidah Turis Italia

Minuman ini memiliki rasa yang manis dan gurih. Di daerah Jawa Barat, minuman ini dikenal dengan nama cendol, sedangkan di Jawa Tengah dikenal dengan nama es dawet, khususnya Kabupaten Banjarnegara dengan minuman khasnya es dawet "ayu".

Jajanan Es Cendol

Photo :
  • Istimewa
Tak Hanya di Bandung, Ini Sebutan Lain Kue Odading di Jawa

Berkembang kepercayaan populer dalam masyarakat Indonesia bahwa istilah "cendol" mungkin sekali berasal dari kata "jendol", yang ditemukan dalam bahasa Sunda dan Jawa hal ini merujuk pada sensasi jendolan yang dirasakan ketika butiran cendol melalui mulut kala meminum es cendol.

Halaman Selanjutnya
img_title