Tak Hanya di Bandung, Ini Sebutan Lain Kue Odading di Jawa

Kuliner Odading
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG - Di tanah Sunda, ada sebuah keu khas yang jadi favorit banyak orang, kue ini bahkan sempat viral dalam sebuah video di media sosial beberapa waktu lalu.

Kopi Susu Nikmat Dipadu dengan Cake Lezat, Ada di Classico Coffee & Bake Bandung

Di daerah Bandung, kue ini disebut dengan odading yang kabarnya adalah kesalahan dengar dari "Oh, dat ding," yaitu Bahasa Belanda untuk "Oh, benda (yang) itu".

Odading sempat diviralkan oleh seorang yang bernama Ade Londok saat mempromosikan video berjudul Odading Mang Oleh. Tak hanya di wilayah Jawa Barat, odading juga populer di masyarakat suku Jawa, namun dengan nama atau sebutan yang berbeda.

Dijamin Gurih dan Enak! Ini Resep Membuat Telur Gulung Sendiri di Rumah

Bolang - baling adalah sebutan yang umum dipakai di Jawa Tengah terutama Semarang untuk roti goreng berbentuk kubus atau balok, dengan kulit luar renyah berwarna cokelat muda dan diberi taburan gula atau wijen, dan bagian dalam kosong dan mengembang, sehingga tampak seperti bantal kecil.

Bentuknya yang seperti bantal membuat kue ini disebut "kue bantal" di daerah Jakarta. Di Semarang, bolang-baling selalu dijual bersama-sama dengan cakwe dan untir-untir di gerobak kaki lima.

Bukan Jajanan Biasa! Ini 7 Manfaat Seblak Bagi Kesehatan

Meskipun sering disebut sebagai kue, sebenarnya bolang-baling adalah sejenis roti yang proses pematangannya dengan cara digoreng. Sejarah dan asal - usul nama bolang - baling belum diputuskan. Hipotesis pertama, bolang - baling sama dengan kue bantal dan kue bantal dipercaya sebagai adaptasi lokal dari ham chim peng yang dibawa oleh keturunan Tionghoa  yang kemudian sampai di Jawa Tengah.

Ada yang menduga, proses menggoreng "bolak-balik" beberapa kali supaya adonan mendapatkan panas yang merata dari minyak agar mengembang, berubah menjadi "bolang-baling".

Halaman Selanjutnya
img_title