Rawon Menjadi Sup Terenak di Dunia Kalahkan Ramen Jepang

Rawon
Sumber :

Viva Bandung – Rawon adalah salah satu makanan khas Jawa Timur. Baru-baru ini, rawon dinobatkan sebagai makanan jenis sup paling enak di dunia oleh ensiklopedia kuliner dunia, Taste Atlas.

Bangga! Rawon Kuliner Nusantara Dinobatkan Menjadi Sup Terenak di Dunia Versi Taste Atlas

Rawon yang identik dengan kuahnya yang berwarna hitam pekat ini menduduki peringkat pertama dalam daftar, mengalahkan shoyu ramen dari Jepang, tom kha gai dati Thailand, dan tonkotsu ramen dari Jepang. Secara total, Taste Atlas menilai rawon dengan bintang 4,8.

"Rawon adalah masakan khas Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Sup beraroma ini biasanya dibuat dengan daging sapi yang direbus perlahan dan bahan tradisional Indonesia lainnya seperti daun jeruk, serai, jahe, dan cabai," tulis Taste Atlas dalam situs resminya, dilansir Selasa, 1 Agustus 2023.

Diramal Hard Gumay Bakal Menikah dengan Seseorang Ini, Fuji: "Aneh Banget Sumpah"

"Namun, elemen kuncinya adalah buah kluwek, kacang hitam Indonesia. Bumbu Indonesia yang tidak biasa ini sangat beracun saat mentah, dan selalu perlu difermentasi sebelum dikonsumsi. Itu digiling dengan bahan dan rempah-rempah lain, memberikan hidangan rasa yang bersahaja dan asam serta warna hitam gelap yang unik," lanjut tertulis. 

"Asal muasal sajian tersebut diyakini dari kota Surabaya, ibu kota Jawa Timur. Terutama disiapkan sebagai hidangan plebeian, itu segera menjadi favorit di kalangan bangsawan dan dengan cepat menjadi populer. Hari ini dapat dengan mudah ditemukan di menu banyak restoran tradisional Indonesia. Biasanya disajikan bersama nasi putih, telur asin, tauge, dan sambal, pasta cabai Indonesia yang pedas."

Masuk Semifinal, Pelatih Uzbekistan Bilang Ini Soal Timnas Indonesia

Berikut ini adalah daftar 10 sup terenak di dunia versi Taste Atlas:

1. Rawon (Surabaya, Indonesia) 

Halaman Selanjutnya
img_title