Sejarah Batagor Kota Bandung Yang Menjadi Sorotan Dunia, Ayo Mampir!

Batagor Kota Bandung
Sumber :
  • Humas Bandung

Bandung – Bandung dinobatkan sebagai Kota dengan makanan tradisional terbaik se-Asia versi Taste Atlas 2021. Makanan ini juga menjadi salah satu makanan tradisional yang mendapatkan skor tertinggi 4,5 dalam penilaiannya. Apa lagi, kalau bukan batagor. 

Hits! Kue Cromboloni Ala Anak Millenial, Tapi Tak Baik Buat Kesehatan Tubuh

Lalu, dari mana awal mula kemunculan makanan batagor ini yang sangat mengunggah selera untuk dijadikan jajanan masa kecil dan makanan cemilan. 

Sosok Haji Isan atau yang dikenal dengan nama Batagor H. Isan, melansir dari berbagai sumber adalah orang pertama yang menemukan batagor. 

Viral Jajanan Cromboloni, Ternyata Bisa Sebabkan Masalah Kesehatan

Uniknya, Isan adalah seorang perantau dari Purwokerto ke Bandung yang tujuan kunjungannya untuk mencari pekerjaan. Lalu, setelah tiga bulan Isan belum juga mendapatkan pekerjaan dan masih menjadi pengangguran. 

Isan yang tidak memiliki pekerjaan, akhirnya memutuskan berjualan baso tahu keliling sambal mengisi waktu luangnya. 

Mie Instan Dikonsumsi Berlebihan, Nggak Bahaya Tah?

Hampir bertahun-tahun, Isan menekuni sebagai baso tahu keliling kadang dihadapkan dengan sisa dagangan yang tidak habis dan tidak tega jika harus membuang baso tahu-nya. Dari sanalah, Isan memiliki pikiran untuk menggoreng baso tahu sisa kemudian dibagikan kepada tetangganya. 

Ternyata, racikan baso tahu yang digorengnya cukup membuat tetangganya ketagihan. Namun, Isan memilki kendala lain karena tidak selamanya baso tahu miliknya tersisa kadang juga habis terjual. Akhirnya, tetangga Isan mulai memutuskan untuk membeli baso tahu goreng buatannya. 

Halaman Selanjutnya
img_title