Makanan Khas Aceh, Ada Sambal Ganja Dicocol Bikin Nagih

Masakan Aceh
Sumber :
  • Istimewa

BANDUNG – Aceh terletak di ujung utara pulau Sumatra yang juga menjadi provinsi paling barat di Indonesia. Tak hanya keunikan dari sisi geografis dan keindahan alamnya, kota dengan julukan Serambi Mekkah ini juga terkenal dengan cita rasa masakannya yang nikmat menggoyang lidah.

Catat Mom, Begini Cara Masak Ketupat Hemat Gas Cukup 30 Menit

Di Indonesia sendiri sebenarnya makanan khas Negeri Sultan Iskandar Muda itu sudah dikenal berupa Mi Aceh. Sementara deret lauk pauk lainnya belum banyak dijajakan padahal kenikmatan rempah dari sajian asal Aceh begitu khas dan menggoda. Hal ini yang ingin ditonjolkan di Kanabu yang berlokasi di Jl Bendungan Hilir No 44A, Jakarta.

"Bagi orang Aceh, menemukan menu khas Aceh ini masih jarang. Kita buka Kanabu untuk memenuhi kerinduan dan mengenalkan masakan Aceh ke seluruh masyarakat," tutur Store Manager Kanabu, Teuku Fitriansyah dikutip dari VIVA, Jumat, 19 Agustus 2022.

Resep Masak Ketupat Hemat Gas, Cuma Butuh Waktu 30 Menit

Menurut Teuku, ada berbagai menu khas Aceh yang wajib dicoba di Kanabu untuk menemukan kenikmatan yang bikin lidah bergoyang. Dua menu andalan Kanabu yakni Kari Kambing dan Ayam Tangkap. Berbeda dengan Kari Kambing pada umumnya, sajian asal Aceh ini diolah dengan sayur nangka dan santan yang kental. Selain itu, deret rempah khas Aceh pun dikombinasikan untuk memberikan cita rasa yang tak biasa serta gurih yang begitu nikmat. 

Orang Aceh sering menyebutnya kuah Beulangong. Daging kambing yang dimasak menggunakan 20an jenis rempah sehingga menghasilkan citarasa yang gurih dan nikmat. Untuk ayam tangkap pun berbeda digoreng dengan daun kari, daun pandan dan rempah-rempah sehingga menghasilkan tekstur ayam yang wangi dan juicy.

Ikuti 5 Tips Ampuh Ini Agar Mudik Lebaran Nyaman Tanpa Mabuk Perjalanan

"Rempah asli Aceh. 20-30an rempah di kari kambing. Daun kari atau dalam bahasa Aceh, daun temuruy dalam ayam tangkap. Itu sudah sering banyak dijumpai di Aceh. Masakan Aceh kaya rempah karena dari sejarahnya di Aceh banyak rempah seperti negara India," tuturnya.

Dari deret masakan Aceh di Kanabu ini, Teuku meyakini dapat sekaligus mempromosikan rempah-rempah yang khas dari Aceh. Apalagi di menu Ayam Tangkap dari Kanabu, menggunakan jenis ayam yang berbeda sehingga kelembutan dagingnya membuat lidah ketagihan.

Halaman Selanjutnya
img_title