Asal Usul, Manfaat hingga 4 Cara Membuat Es Kopyor dengan Mudah

Es Kopyor
Sumber :
  • U-Report

BANDUNG – Jika kamu menyenangi minum es kopyor, apakah kamu tahu asal-usul dari bahan utama es Kopyor? Kelapa kopyor merupakan jenis kelapa yang terjadi karena kesalahan genetik. Hal tersebut membuat kelapa kopyor memiliki tekstur yang berbeda dengan kelapa pada umumnya yang kita ketahui.

Resep Praktis Opor Ayam Bumbu Kuning ala Chef Devina Hermawan, Cobain Yuk!

Kelapa kopyor memiliki daging yang lebih empuk, air kelapa lebih sedikit dan memiliki aroma yang khas. Untuk harganya pun bisa dibilang lebih mahal daripada kelapa biasa, yakni sekitar 4 atau 5 kali lipatnya.

Jika kamu ingin membuat es kopyor ini, tentu kamu perlu tahu bagaimana cara membedakan antara kelapa biasa dan kopyor tersebut. Yaitu kamu bisa menggoyang-goyangkan buah kelapa ke kanan-kiri dan ke atas-bawah. Jika suara yang ditimbulkan menyerupai pasir bergerak, maka itulah yang menyebabkan kelapa kopyor.

Resep Mudah Opor Ayam Lebaran ala Chef Devina Hermawan, Dijamin Ketagihan

Akan tetapi sekarang sudah banyak yang menjual es kopyor yang dibuat dari kelapa kopyor sintetis. Bahan utamanya kelapa kopyor melainkan adalah agar-agar atau jeli.

Manfaat Kelapa Kopyor

Ini Menu Sahur yang Sehat dan Nggak Bikin Gemuk, Kuat Sampai Buka Puasa

Melansir laman resmi Balai Pertanian Tanaman Palma, kelapa kopyor mengandung beberapa nutrisi di dalamnya, seperti air, protein, lemak, serat, karbohidrat, kalsium, fosfor, dan lain sebagainya.

Daging buah kelapa kopyor mengandung senyawa antioksidan dan asam laurat sekitar 37,93%-51%. Asam laurat merupakan komponen yang mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Fungsinya bisa dijadikan sebagai anti bakteri, anti kanker, dan meningkatkan energi. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak manfaat kelapa kopyor berikut ini.

Halaman Selanjutnya
img_title