Wow! Indonesia Punya 104 Jenis Nasi Goreng, 252 Sate dan 322 Sambal

Ilustrasi nasi goreng
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Bagi penikmat kuliner, kehadiran Festival Jajanan Bango (FJB) 2022 menjadi surga yang begitu menyenangkan. Setelah dua tahun hadir secara virtual karena pandemi COVID-19, kini FJB 2022 dengan tema Kenali Rasanya Indonesia hadir di Plaza Timur dan Parkir Timur GBK Senayan, pada 28 – 30 Oktober 2022. 

Tips Sehat Puasa Bagi Penderita Diabetes, Ampuh Turunkan Kadar Gula

Kekayaan ragam kuliner bangsa menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan tradisi kuliner paling kaya di dunia. Namun sayangnya, dari 3.259 ragam kuliner otentik yang hingga kini terpantau, baru segelintir di antaranya yang dikenali oleh masyarakat luas.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, dalam sambutannya, mengatakan bahwa tema ‘Kenali Rasanya Indonesia’ yang diangkat di Festival Jajanan Bango kali ini diharapkan mampu merepresentasikan kekayaan ragam kuliner bangsa, yang menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan tradisi kuliner paling kaya di dunia. Dengan begitu, masyarakat bisa semakin mengenal kuliner daerah yang melegenda.

Ammar Zoni Konsumsi 4 Jenis Narkoba di Apartmen, Sempat Ngefly Bareng Teman

"Saya mengapresiasi pelaksanaan gelaran tahunan Festival Jajanan Bango sebagai salah satu medium yang efektif untuk memperkenalkan aneka kuliner otentik sekaligus sosok-sosok pengusaha UMKM kuliner tradisional yang legendaris kepada masyarakat luas," ujarnya, Jumat 28 Oktober 2022.

Di tengah kefamiliaran kita terhadap ragam kuliner ikonik seperti nasi goreng, sate, soto, dan sambal, masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui bahwa negeri kita memiliki 104 jenis nasi goreng, 252 ragam sate, lebih dari 100 varian soto, hingga 322 macam sambal. Sandiaga melanjutkan bahwa eksplorasi kekayaan kuliner Indonesia perlu terus dilakukan untuk mendorong kiprah para UMKM sektor kuliner sehingga mampu berkontribusi pada perekonomian bangsa. 

Polisi Beberkan Temuan Barang Bukti Narkoba Ammar Zoni: Dikonsumsi Pribadi

"Festival Jajanan Bango merupakan bentuk kolaborasi antara Kemenparekraf RI dengan Unilever Indonesia melalui Bango yang turut memperkuat program ‘Indonesia Spice Up the World’ dalam memperluas pemasaran produk bumbu rempah Indonesia, di mana kecap adalah salah satu bumbu yang menjadi ciri khas, yang mempersatukan keragaman kuliner Indonesia," imbuhnya.

Begitupun pengetahuan tentang kuliner khas daerah. Misalnya, kuliner Minang baru dikenal dengan Rendang, kuliner Palembang dengan Pempek, kuliner Yogyakarta dengan Gudeg, dan lain-lain. Padahal, tercatat kuliner khas Minangkabau setidaknya ada 220 jenis, kuliner khas Palembang ada lebih dari 200 jenis, kuliner khas Yogyakarta ada lebih dari 192 jenis, dan seterusnya. Pengenalan yang masih minim ini tentunya menjadi tantangan bagi upaya pelestarian kuliner.

Halaman Selanjutnya
img_title