Rudal yang Hantam Polandia Disebut Milik Ukraina

Polisi amankan TKP ledakan rudal di Polandia
Sumber :
  • AP Photo/Michal Dyjuk

BANDUNG – Amerika Serikat (AS) membeberkan temuan mengejutkan terkait rudal yang menghantam Polandia. Menurut pejabat AS, rudal yang menewaskan warga sipil Polandia adalah milik Ukraina, bukan milik Rusia, seperti yang diklaim oleh beberapa negara NATO.

Perang di Timur Tengah Memanas, Rusia Kirim Jet Tempur Canggih Bantu Iran Hadapi Balas Dendam Israel

Duta Besar AS untuk Indonesia Seung Min Kim mengungkapkan temuan tersebut dalam akun Twitternya, pada Rabu, 16 November 2022. Dia menyebut temuan awal dari rudal yang menyerang Polandia, yang dibeberkan oleh salah satu pejabat AS merupakan milik Ukraina.

"Pejabat AS: Temuan awal menunjukan rudal yang menghantam Polandia ditembakkan oleh Ukraina ke arah rudal Rusia," tulis Dubes AS itu.

Serangan Masal Rudal Iran atas Israel Diwarnai Pekikan Takbir Kaum Muslimin

Dilansir Associated Press, Rabu, 16 November 2022, tiga pejabat AS mengungkap bahwa penyelidikan awal menunjukkan rudal itu ditembakkan oleh pasukan Ukraina ke Rusia merespons serangan Rusia yang menghancurkan infrastruktur listrik Ukraina Selasa. 

Para pejabat berbicara tanpa menyebut nama karena mereka tidak berwenang untuk membahas masalah ini secara terbuka.

Ratusan Rudal Iran Hujani Kota Tel Aviv, Israel Langsung Minta Bantuan AS-Inggris

Sebelumnya, Presiden Biden juga tidak terlalu yakin rudal itu milik Rusia. Namun Presiden Ukraina Volodymr Zelensky mengecam tembakan rudal tersebut dan menyebutnya sebagai eskalasi yang sangat signifikan.

Sementara Rusia juga membantah terlibat dalam ledakan di Polandia.

Halaman Selanjutnya
img_title