Polisi Periksa Wanita yang Tipu Ratusan Mahasiswa IPB Terjerat Pinjol

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin.
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR.

BANDUNG – Penyidik Polres Bogor masih memeriksa seorang wanita berinisial SAN terduga pelaku penipuan modus baru pencairan dana melalui aplikasi belanja dan dibayar menggunakan pinjaman online (pinjol) yang menjerat ratusan mahasiswa IPB. SAN ditangkap di wilayah Kota Bogor. 

Daftar PINJOL yang Bebas BI Checking Tahun 2024, Ajukan Pinjaman Sekarang!

"Kami mengamankan yang terduga pelaku dari penipuan yang kemarin sempat viral dengan korban mahasiswa IPB jumlahnya 116 orang sebagaimana yang dilaporkan di Polres Bogor. Informasinya di Polresta Bogor kota sudah ada pelaporan," kata Kapolres Bogor Iman Imannudin, Kamis 17 November 2022.

Menurut Iman, saat ini yang bersangkutan dilakukan pemeriksaan di Satreskrim Polres Bogor. Penyidik tengah melakukan pendalaman terhadap fakta-fakta hukum terbaru hasil penyelidikan. 

Deretan Pinjol Ini Bebas BI Checking, Bisa Pinjam Uang Berapapun Tanpa Limit

Dalam proses penyelidikan tersebut terduga pelaku akan dikenakan pasal 372 dan 378 KUHP tentang pengelapan dan penipuan. "Inisial SAN. Diamankan di Bogor Kota. Saat ini kami kenakan 372 dan 378 KUHP," jelas Iman.

Iman mengatakan polisi masih terus mengumpulkan bukti-bukti lain atas dugaan seseorang yang secara aktif mengajak mahasiswa IPB tersebut untuk berinvestasi dan kemudian diarahkan untuk melakukan transaksi pinjol.

7 Pinjol Ini Bebas BI Checking, Bisa Ajukan Pinjaman HIngga Ratusan Juta

"Namun kami masih mengembangkan pada rekan-rekannya yang lain yang ikut berperan aktif. (Perannya) Menawarkan investasi dengan keuntungan 10 persen," jelas Iman. 

Sebelumnya, Wakapolresra Bogor Kota AKBP Ferfy Irawan, dalam kasus penipuan berkedok investasi melalui pinjaman online ini Polresta Bogor Kota mencatat ada 333 korban, di antaranya 116 mahasiswa IPB dengan kerugian Rp 2,1 miliar. 

Halaman Selanjutnya
img_title