Erupsi Gunung Gede Sebab Gempa Cianjur? Ini Kata Badan Geologi

Rumah warga Cianjur rusak parah akibat gempa
Sumber :
  • dok BNPB

BANDUNG – Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral membantah adanya informasi terkait erupsi di Gunung Gede pasca gempa bumi yang mengguncang Cianjur, Jawa Barat pada Senin, 21 November 2022, kemarin.

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Jumat 26 April 2024

Badan Geologi juga membantah bahwa aktivitas vulkanik Gunung Gede menjadi penyebab gempa di Cianjur.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi, Hendra Gunawan mengatakan aktivitas vulkanik Gunung Gede Pangrango sejauh ini masih berada di level satu.

Prakiraan Cuaca Kota Bandung Hari Ini, Jumat 26 April 2024

"Sampai saat ini belum ada erupsi. Kondisi Gunung Gede normal atau level 1 artinya aman-aman saja," kata Hendra dalam konferensi pers virtual, Selasa, 22 November 2022.

"Yang menjadi acuan kami adalah data. Data yang kami pegang, Gunung Gede Pangrango itu ada di level satu atau normal. Sehingga walaupun mungkin ada yang berpendapat ada kaitannya ini (gempa Cianjur), tapi kita berpegang saya sampai saat ini Gunung Gede tetap normal," sambungnya.

Update Informasi Ancaman Gelombang Air Laut Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Jumat 26 April 2024

Hendra pun meminta agar masyarakat tetap tenang di tengah berbagai informasi atau berita hoaks yang berkaitan dengan gempa di Cianjur, Jawa Barat. Masyarakat diminta untuk mengecek informasi terkini mengenai peristiwa gempa melalui situs resmi instansi pemerintah.

"Sehingga masyarakat tetap tenang dan mengikuti perkembangan gunung gede dari instasi resmi pemerintah," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title