MUI Bikin Surat Edaran Soal Bencana Alam Bukan Azab dari Tuhan

Rumah warga rusak berat terdampak gempa Cianjur
Sumber :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

BANDUNG – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat (Jabar) bakal keluarkan surat edaran yang berisi pernyataan bahwa musibah atau bencana alam bukan azab dari Tuhan. Surat edaran tersebut nantinya akan dikirimkan ke MUI tingkat kabupaten/kota.

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Selasa 16 April 2024

Edaran ini dikeluarkan Majelis Ulama Indonesia untuk merespons informasi di masyarakat khususnya di media sosial yang mengaitkan gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat dengan azab.

"Ini dilakukan supaya tema-tema pengajian atau khutbah mengangkat tentang pentingnya memberi pertolongan bantuan kepada saudara-saudara kita yang sedang terkena musibah," kata Sekretaris Umum MUI Jabar, Rafani Achyar di Kota Bandung, dikutip dari laman resmi MUI, Rabu, 7 Desember 2022.

Update Informasi Ancaman Gelombang Air Laut Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Selasa 16 April 2024

Rafani meminta masyarakat tidak memberikan penilaian atau beranggapan miring tentang bencana alam yang terjadi di Kabupaten Cianjur. Terlebih jika sampai menganggap bencana alam tersebut merupakan azab.

"Jangan sekali-kali menyebutkan mereka ini adalah kelompok masyarakat yang sedang diazab," tegasnya.

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Senin 15 April 2024

Gunung Semeru muntahkan awan panas

Photo :
  • BNPB

Menurut Rafani, banyak korban gempa Cianjur merupakan orang-orang baik. Karena itu ia meminta kepada masyarakat untuk tidak beropini bahwa Gempa cianjur adalah bagian dari azab tuhan.

Halaman Selanjutnya
img_title