Harta Karun di NTB, Ada 1,1 Miliar Ton Cadangan Tembaga dan Emas

ilustrasi emas
Sumber :
  • istimewa

BANDUNG – Menggemparkan, baru-baru ini kabar baik datang dari Nusa Tenggara Barat (NTB), cadangan emas tersebesar ditemukan, hingga disebut sumber harta karun baru.

Nikahi Polisi Bandung, Anak Camat di Purwakarta Kaget Diberi Mahar Emas Palsu

Harta Karun itu ditemukan setelah PT Sumbawa Timur Mining (STM) menemukan potensi sumber daya mineral tertunjuk tembaga dan emas sebesar 1,1 miliar ton dan potensi sumber daya mineral tereka sebesar 1 miliar ton tembaga dan emas.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi NTB, Zainal Abidin, mengatakan saat ini Pemprov NTB dan PT STM melakukan perapatan untuk menghitung cadangan terekam atau jumlah kandungan tembaga dan emas.

Emas Naik Hari Ini 12 Maret 2024, Cek Harganya di Seluruh Dunia Disini

"Ada proses mulai ekplorasi, menghitung cadangan terukur, perapatan untuk menghitung cadangan terekam, kemudian nanti akan dilakukan kajian tambang," ujar Zainal, pada Sabtu, 23 April 2022.

Usai kajian tambang, baru kemudian akan dilakukan proses eksploitasi untuk mengambil tembaga dan emas.

Sebut TGB Ulama Penjilat, Masa Pendukung Ultimatum Habib Quraish

Tidak Hanya Mineral Proses eksplorasi yang dilakukan PT STM tidak hanya untuk menemukan mineral, tetapi juga panas bumi. Kementerian ESDM menugaskan PT STM untuk menemukan potensi panas bumi di Kabupaten Dompu.

"Mereka juga akan eksplorasi panas bumi, mereka ditugaskan Kementerian ESDM untuk eksplorasi panas bumi, tidak hanya mineral," kata dia.

Halaman Selanjutnya
img_title