China Juga Dukung Kemerdekaan Bagi Palestina!

Xi Jinping bertemu Presiden Palestina Mahmoud Abbas
Sumber :
  • AP Photo

BANDUNG – residen China, Xi Jinping, pada Jumat 9 Desember 2022, menyatakan kekecewaannya terhadap ketidakadilan yang dialami warga Palestina dan menegaskan dukungan China untuk negara Palestina yang merdeka.

Mengenal Xinjiang, Destinasi Wisata Muslim di Dataran China

"Tidak mungkin melanjutkan sejarah ketidakadilan yang dialami warga Palestina," kata Xi dalam pembukaan KTT China-Teluk-Riyadh untuk Kerja Sama dan Pembangunan di Arab Saudi.

Dia menekankan perlunya memberi Palestina "keanggotaan penuh di PBB". Menurut Xi, Beijing "mendukung solusi dua negara dan pendirian negara Palestina sesuai dengan perbatasan 1967, dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya."

Gus Iqdam Beri Klarifikasi Usai Sebut Palestina Aman dan Damai: Perangnya itu di Gaza

Dia menilai KTT di Riyadh itu sebagai sebuah "peristiwa yang menentukan sejarah hubungan China-Arab." Hubungan di antara keduanya "didasarkan pada kepentingan bersama dalam perdamaian dan harmoni," ucapnya.

"Pihak China dan Arab harus memperkuat solidaritas dan kerja sama, serta membangun komunitas untuk masa depan yang lebih erat," katanya, seraya menyambut baik partisipasi Arab dalam inisiatif keamanan global.

Profil, Karir dan Instagram Maria Zhang, Pemeran Suki di Serial Avatar: The Last Airbender

"Kami tertarik dengan pihak Arab untuk mewujudkan janji bersama seperti memperkuat pembangunan, kesehatan dan ketahanan pangan," katanya.

Xi tiba di Arab Saudi pada Rabu. Dia terakhir kali melakukan kunjungan ke kerajaan tersebut pada 2016.(dra)