Kenaikan Cukai Tembakau Didesain untuk Mengurangi Perokok

Ilustrasi pekerja industri rokok
Sumber :
  • Bea Cukai

BANDUNG – Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menegaskan, kenaikan cukai hasil tembakau memang didesain untuk menciptakan harga per bungkus, yang indeks kemahalannya bisa dipertahankan atau bahkan sedikit meningkat.

Peneliti BRIN Sebut Oposisi akan Lemah di Pemerintahan Prabowo-Gibran, Tinggal PKS dan PDIP

Hal itu diutarakannya saat menggelar rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI, guna membahas kebijakan tarif cukai hasil tembakau tahun 2023.

"Ini tujuannya supaya 'affordability' atau kemampuan untuk membeli rokoknya menurun, supaya kemudian konsumsinya juga menurun," kata Sri Mulyani dalam telekonferensi, Senin, 12 Desember 2022.

Pemerintah Pusat Instruksi Seluruh Pemda Gelar Nobar Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan

Dia menilai, kebijakan tersebut efektif dalam menekan jumlah konsumsi dan produksi rokok. Sebab, pada saat Pemerintah menaikkan cukai rokok dengan cukup tinggi pada tahun 2020, terlihat bahwa produksi rokok juga menurun cukup drastis. "Hingga minus 9,7 persen," ujarnya.

Kemudian tahun selanjutnya, yakni pada 2021, seiring dengan pemulihan ekonomi kita juga melihat kenaikan produksi rokok meningkat hingga sebesar 4 persen.

KK KTP Anda Dapat Saldo DANA Gratis Rp700 RIbu, Buruan Klaim Lewat Link Ini!

Menteri Keuangan, Sri Mulyani

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia

"Kemudian sampai November 2022 ini, kita lihat produksi rokok turun 3,3 persen, karena adanya kenaikan harga per bungkus pada 2021 sebesar 12,1 persen dan pada 2022 sebesar 12,2 persen," kata Sri Mulyani.

Halaman Selanjutnya
img_title