Gempa Bumi M 4,1 di Banten Hari Ini, BMKG: Warga Diharap Tenang

Ilustrasi Gempa Bumi
Sumber :
  • Pixabay

BandungGempa bumi kembali terjadi Tanah Air, kali ini mengguncang wilayah Sumur-Banten dengan berkekuatan magnitudo 4,1.

Update Informasi Ancaman Gelombang Air Laut Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Sabtu 27 April 2024

"Hari Jumat, 16 Desember 2022 pukul 05:47:11 WIB, wilayah SUMUR-BANTEN dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,1," tulis BMKG di akun twitternya.

Gempa bumi kali ini berada di koordinat 6.91 LS dan 105.35 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 37 km darat daya SUMUR-BANTEN pada kedalaman 13 km. Gempa tersebut merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Ujung Kulon. 

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Sabtu 27 April 2024

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto mengungkapkan, berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Sumur dengan Skala Intensitas II - III MMI. 

"Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang - Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu," kata Hartanto dalam keterangan tertulisnya, Jum'at (16/12/2022).

Prakiraan Cuaca Kota Bandung Hari Ini, Sabtu 27 April 2024

Sementara di Lebak, lanjut Hartanto, gempa bumi juga dirasakan oleh warga setempat dengan Skala Intensitas I - II MMI.

"Getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luarbiasa oleh beberapa orang - Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
img_title