Putri Ngaku Dilecehkan Tapi Masih Mau Temui Brigadir J, Kenapa?

Sidang Putri Candrawathi
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Bandung – Saksi ahli psikologi forensik, Reni Kusumowardhani mengungkap hasil analisa psikologi forensik yang membuat Putri Candrawathi masih bertemu dengan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J meski mengaku telah dilecehkan

Tes Poligraf Bakal Dipakai Ungkap Kebohongan Yudha Arfandi, Ini Alasannya

Hal itu diungkap Reni saat dihadirkan sebagai saksi untuk terdakwa Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Bharada Richard Eliezer atau Bharada E, Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf dalam sidang lanjutan kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu, 21 Desember 2022.

Mulanya, tim penasihat hukum Putri Candrawathi, Sarmauli Simangunsong bertanya ke Reni mengapa bisa korban menemui pelaku setelah peristiwa pelecehan seksual terjadi. Reni menyebut terdapat tiga fase yang dapat membuat korban menemui pelaku pelecehan seksual.

6 Tips Rumah Tangga Harmonis Anti Perceraian, Ini Menurut Psikolog

"Mengapa bisa seseorang yang menjadi korban kekerasan seksual kemudian dalam beberapa waktu menemui pelakunya?" tanya Sarmauli.

"Pada sindrom perempuan yang mengalami kekerasan seksual sampai pemerkosaan itu ada tiga fase, pertama ekspres jadi di sini mengekspresikan kemarahannya. Kedua, kontrol, kontrol di sini satu penekanan dan ini berkorelasi pada ciri-ciri kepribadian tertentu, jadi menekan rasa marahnya, rasa takutnya, menekan rasa malunya meskipun itu ada tapi dikontrol," kata Reni.

Dante Ditenggelamkan Berkali-kali, Motif YA Diungkap Pakar Psikologi Forensik Secara Detail

Putri Candrawathi

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Yang ketiga, shock disbelief, menjadi sulit berkonsultasi dan sulit mengambil keputusan. Nah yang terjadi pada Ibu PC pada teori ini lebih sesuai dengan respons yang kontrol. Jadi, seolah tidak ada emosi apa-apa, seolah tidak terjadi apa-apa. Itu merupakan suatu bentuk defence mekanisme supaya tetap tegar," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
img_title