Persiapan Pemilu 2024, Bawaslu Berlatih Kemampuan Investigasi

Pelatihan Investigasi dan Klarifikasi
Sumber :

Bandung –Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Sukabumi menerima pelatihan terkait kemampuan investigasi dan klarifikasi. Hal itu diperlukan untuk menangani pelanggaran pemilu. Apalagi, pemilu 2024 tidak begitu lama lagi.

Nikita Mirzani Kesal, Hubungannya dengan Rizky Irmansyah Disebut Setiingan Kampanye

"Kami mengundang narasumber berkompeten dari kepolisian dan kejaksaan untuk melatih kami bagaimana carannya menginvestigasi dan klarifikasi dalam pemenuhan unsur pidana pemilu," ujar Koordinator Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran, dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kota Sukabumi Yasti Yustia Asih, Selasa, 26 April 2022

Menurutnya, investigasi dan klarifikasi merupakan hal yang penting dalam pemilu. Khususnya dalam menangani pelanggaran yang bersifat administratif, pidana, etik, dan lainnya.

Diduga Settingan, Hubungan Nikita Mirzani dan Rizky Irmansyah Sebatas Kampanye

"Berkaitan tugas kami sebagai pengawas pemilu, memerlukan yang namanya investigasi dan klarifikasi ketika penanganan pelanggaran," ucapnya.

Selain pelatihan tersebut, berbagai persiapan telah dilakukan Bawaslu Kota Sukabumi. Khususnya, dalam pesiapan pemilu 2024.

Hubungan Nikita Mirzani dengan Rizky Irmansyah Diduga Buat Settingan Pemilu

"Kami selalu melatih kader SKPP. Sebab, mereka akan menjadi kader pengawasan dan kepanjangan tangan Bawaslu. Khususnya, dalam membantu mengawasi setiap tahapan pemilu," ungkapnya.

Selain itu, berbagai kerjasama pun dilakukan Bawaslu Kota Sukabumi untuk memperluas pengawasan. Hal itu seperti, kerjasama dengan kampus hingga organisasi kepemudaan dan masyarakat.

Halaman Selanjutnya
img_title