Jelang Tahun Baru, Jalan di Puncak Bogor dan Bandung Akan Banyak Berubah

Jalan Menuju Puncak Bogor dan Bandung
Sumber :
  • Istimewa

Bandung – Wilayah Jawa Barat menjadi salah satu daerah yang kerap diburu warga perkotaan untuk menghabiskan waktu berlibur. Ada banyak destinasi wisata, kuliner yang bisa dinikmati para pelancong di akhir tahun.

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Jumat 26 April 2024

Guna mengantisipasi kepadatan lalu lintas di berbagai daerah saat malam tahun baru, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Barat sudah menyiapkan strategi.

Komisaris Besar Polisi Dirlantas Polda Jabar, Romin Thoyib mengatakan bahwa jalur Puncak Bogor akan ditutup saat tahun baru, pengaturan lalu lintas dilakukan di jalur tol, arteri dan tempat wisata dengan menyiapkan personel, pos pengamanan, dan cara bertindak.

Update Informasi Ancaman Gelombang Air Laut Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Jumat 26 April 2024

“Semua sudah kita koordinasikan bersama Kasatlantas, dan Kapolres-kapolres juga sudah dikoordinasikan, mudah-mudahan tertib, dan lancar,” kata Romin Thoyib dilansir dari 100kjp.com, Rabu (28/12/2022).

Lebih lanjut, Romin Thoyib menjelaskan cara bertindak yang dimaksud ketika terjadi kemacetan di perayaan tahun baru, yaitu pengaturan lalu lintas, pending dan contra flow atau satu jalur lawan arah, kemudian pengalihan arus, hingga one way.

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Kamis 25 April 2024

Menurut Romin, beberapa lokasi wisata yang menjadi sorotan adalah Puncak Bogor, Pangndaran, Lembang, Ciwidet, dan pusat Kota Bandung. Sehingga semua wilayah tersebut sudah diterjunkan personil untuk mengatur arus di malam tahun baru.

“Puncak sudah punya pola akan melaksanakan one way sepenggal, ganjil genap di hari libur. Di Pangandaran juga sama, jalur masuk dan keluar dibedakan, di dalam dibikin satu jalur enggak ada pemotongan atau crossing, menyiapkan parkir berkoodirnasi dengan pengelola supaya tidak ada parkir sembarangan,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title