BMKG Minta Jakarta, Banten dan Jabar Waspada saat Malam Tahun Baru

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati
Sumber :
  • Istimewa

BANDUNG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan terjadi hujan lebat berpotensi ekstrem di wilayah Banten, DKI Jakarta hingga Jawa Barat pada Sabtu, 31 Desember 2022.

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Jumat 26 April 2024

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati menjelaskan prediksi tersebut terjadi akibat adanya temuan fenomena baru terkait perkembangan cuaca. Menurut dia, fenomena yang ditemukan yakni punahnya bibit siklon di utara dan munculnya tekanan rendah dari mantan siklon tropis ellie.

"Kemarin kita sampaikan tanggal 31 Desember prediksinya adalah bersih karena bibit siklon di pasifik, hingga tanggal 1 Januari 2023 masih bersih," kata Dwikorita dalam konferensi pers virtual, Jumat, 30 Desember 2022.

Prakiraan Cuaca Kota Bandung Hari Ini, Jumat 26 April 2024

Dia menyampaikan ada fenomena baru yaitu pertama, punahnya bibit siklon di utara, yang signifikan untuk mengurangi awan hujan di wilayah Indonesia terutama di Jawa bagian utara dan laut Jawa. Namun, kata dia, bibit siklon di utara ini punah sehingga pengaruh pengurangan menjadi hilang. 

"Kemudian, ada tambahan munculnya tekanan rendah eks siklon tropis ellie, sehingga fenomenanya berubah hari ini dibanding kemarin," lanjut Dwikorita.

Update Informasi Ancaman Gelombang Air Laut Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Jumat 26 April 2024

Pun, dia menambahkan dengan dua fenomena tersebu, terdapat perubahan prediksi cuaca pada Sabtu esok. Dia bilang, prediksi cuaca pada esok hari diperkirakan hujan dengan kategori tertinggi atau ekstrem.

"Jadi tanggal 31 Desember 2022 yang semula diprediksi situasinya semakin membaik ternyata tanggal 31 Desember ink masih merah, pink," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title