Cak Imin Tegas Menolak Sistem Pemilu Proporsional Tertutup

Muhaimin Iskandar atau Cak Imin
Sumber :
  • DPR RI

Bandung – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang dinakhodai Muhaimin Iskandar dengan tegas menolak sistem pemilu proporsional tertutup.

Di Luar Dugaan! Ini Alasan Untung Cahyono Khutbah Sholat Ied Singgung Kecurangan Pemilu

Cak Imin, sapaan akrabnya, menilai sistem pemilu tersebut memotong hak kompetisi demokratis.

“Waktu sudah sangat pendek, pemotongan hak kompetisi demokratis,” tutur Cak Imin kepada awak media seperti yang dilansir antvklik.com.

MUI Harap Momen Idul Fitri 1445 H Bisa Jadi Titik Rekonsiliasi Pasca Pemilu 2024

Mantan Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) itu mengutarakan, seandainya penentuan sistem pemilu dilakukan 4 tahun sebelum pemilu maka masih wajar.

Namun, kata Cak Imin, kalau penentuan sistem pemilu dilakukan sekarang sama seperti memberangus hak kompetisi orang. Sebab, saat ini sudah satu tahun menjelang pemilu.

Jelang Gugatan Hasil Pemilu 2024, Muhammadiyah Dorong MK Bekerja Lebih Profesional

“Kalau proporsional tertutup dipilih 4 tahun sebelum pemilu, barangkali wajar-wajar saja. Tetapi, ini satu tahun sebelum Pemilu, ini sama saja memberangus hak-hak kompetisi orang. Kalau proporsional (tertutup) dalam waktu satu tahun sebelum pemilu, ini tidak adil,” pungkasnya.

Seperti informasi yang beredar, bahwa Partai Kebangkitan Bangsa turut hadir pada pertemuan antar pimpinan partai politik yang menolak sistem pemilu proporsional tertutup di Jakarta, pada Minggu 8 Januari 2023.