Pupuk Kujang Bantu Pulihkan Sektor Pertanian di Cianjur

Korban gempa Cianjur
Sumber :
  • Istimewa

BANDUNG – Pupuk Kujang, anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero) terus mendukung pulihnya sektor pertanian di Cianjur setelah bencana gempa bumi. Seperti diketahui, lindu menyebabkan sektor pertanian di Cianjur sempat terkendala. 

Gempa Magnitudi di Tuban, BMKG Prediksi Datangnya Tsunami

Saat melakukan aksi tanggap bencana, tim reaksi cepat kebencanaan Pupuk Kujang menemukan banyak petani meninggalkan lahan garapan mereka. Tak sedikit, kebun dan sawah terbengkalai hingga dijadikan tempat mengungsi.  

Jangankan mengolah tanah dan bercocok tanam, saat gempa susul-menyusul, para petani fokus menyelamatkan keluarga, mengevakuasi ke tempat aman hingga memenuhi kebutuhan dasar keluarga di pengungsian. Sebab, tak sedikit rumah para petani yang hancur diguncang gempa. Saat itu, petani juga menjadi korban. 

BMKG Sebut Ada 8 Kali Gempa Susulan Setelah Guncang Tuban Berskala 6,5

Fenomena ini terjadi di sejumlah wilayah pertanian di Cianjur, antara lain Kecamatan Cugenang, Warungkondang, dan Gekbrong. Gempa bumi juga menyebabkan penyaluran pupuk di Cianjur sempat lumpuh. 

“Sektor pertanian di daerah pusat gempa sempat lumpuh total selama 3 pekan. Penyebabnya karena insfrastruktur yang rusak, mulai dari akses jalan hingga kios pupuk yang rubuh,” ujar Andi Komara, VP Komunikasi perusahaan Pupuk Kujang, Selasa, 10 Januari 2023.

Gempa Magnitudo 6,5 Guncang Tuban, Ini Kata BMKG: Tsunami?

Korban gempa Cianjur

Photo :
  • Istimewa

Andi menuturkan, setidaknya 6 kios pupuk rusak berat akibat gempa bumi Cianjur. Alhasil distribusi kios pun tidak berjalan lancar. “Disebabkan tidak ada petani yang menebus pupuk. Disamping itu, kios pupuk juga rusak,” ujar Andi.  

Halaman Selanjutnya
img_title