Peta Politik Golkar: Potensi Ridwan Kamil Maju di Pilgub DKI dan Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar

Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi
Sumber :
  • Berbagai Sumber

Bandung – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akhirnya menjadi kader Partai Golkar. Secara resmi, pria yang akrab disapa Kang Emil itu diperkenalkan ke publik oleh Ketum Partai Golkar, Airlangga Hartarto pada Rabu (18/01/2023) kemarin.

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Rabu 24 April 2024

Pengamat politik Unpad, Firman Manan menilai, dengan bergabungnya Ridwan Kamil ke Partai Golkar akan menjadi tambahan kader potensial di Jawa Barat, selain mantan Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, Dedi Mulyadi.

Firman Manan juga berpendapat bahwa ada kemungkinan jika partai Golkar memberikan porsi Ridwan Kamil ke Pilgub DKI Jakarta dan Dedi Mulyadi ke Pilgub Jawa Barat.

Update Informasi Ancaman Gelombang Air Laut Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Rabu 24 April 2024

"Kang Emil (Ridwan Kamil) didorong ke (Pilgub) DKI Jakarta kemudian kans di Jabar masuk Kang Dedi Mulyadi. Tidak masalah jika skemanya seperti itu," kata Firman Manan seperti ditulis Viva Bandung, Kamis (19/01/2023).

Menurut Firman, Golkar tidak akan terpecah belah dengan hadirnya dua pentolan yang sama-sama memiliki pengalaman besar di bidang politik itu. Pasalnya, lanjut Firman, Golkar memiliki kemampuan untuk mengatasi konflik dengan baik. 

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Terbukti, meskipun kerap kali diterpa bermacam konflik, Golkar tetap menjadi partai yang signifikan. Hal itu bisa dilihat dengan lahirnya Gerindra, NasDem, dan Hanura yang notabene pecahan dari Golkar. 

"Perpecahan luar biasa, tapi tetap besar dan konflik secara internal bisa diselesaikan. Apalagi untuk level di Pilgub Jawa Barat, saya pikir Partai Golkar akan mengkalkulasi siapa kandidat yang betul-betul berpotensi untuk maju," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title