Heboh Beredar Foto-foto Penculik Anak, Begini Kata Polisi

Ilustrasi anak
Sumber :
  • Pixabay

BANDUNG – Media sosial (medsos) beberapa hari ini dihebohkan dengan kasus penculikan anak. Berbarengan itu juga tersebar viral di medsos foto-foto yang diduga para pelaku penculikan anak yang masih buron. 

Nikahi Polisi Bandung, Anak Camat di Purwakarta Kaget Diberi Mahar Emas Palsu

Dalam pesan yang beredar juga disebutkan bahwa peristiwa penculikan terjadi di beberapa lokasi, seperti Kota Depok. Beredar pula slogan berlogo Polda Metro Jaya dan Binmas Polri yang menyebarkan informasi mengenai terjadi penculikan anak.

Dikonfirmasi masalah itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko memastikan informasi yang beredar itu tidak benar alias hoaks. Dia menekankan, sebaran foto-foto yang diduga pelaku penculikan anak itu sudah viral sejak beberapa tahun lalu.

Dapat Kiriman Makanan Pro Israel, Zara Anak Ridwan Kamil Bangga

"Hoaks, kasus sebaran ini sejak 2018," kata Trunoyudo dikonfirmasi awak media, Sabtu, 28 Januari 2023. 

Trunoyudo lantas meminta masyarakat agar tidak mudah terprovokasi oleh informasi yang beredar di media sosial. Masyarakat juga diminta untuk lebih kritis dan mengecek kembali informasi yang beredar, terutama yang meresahkan. 

Zara Anak Ridwan Kamil Pamer Makanan Pro Israel, Bikin Netizen Jantungan

"Agar warga tidak lagi termakan isu-isu hoaks yang dapat meresahkan masyarakat, saring dulu sebelum sharing," ujarnya.

Lebih lanjut, Trunoyudo meminta masyarakat melapor ke polisi apabila menemukan hal yang mencurigakan di lingkungan. Namun dia juga meminta agar warga tidak ikut berkontribusi menebar keresahan, dengan menyebarkan di medsos peristiwa-peristiwa yang belum jelas kebenarannya.

Halaman Selanjutnya
img_title