Mahfud MD Sebut Ketua KPK Tak Tahu Surat PPATK Soal Harta Rafael Alun Sejak 2013

Ketua KPK, Firli Bahuri
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Bandung – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengungkapkan reaksi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri dalam menyikapi kejanggalan harta dari mantan pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo. 

Akun Instagram Sandra Dewi Mendadak Hilang, Ahli Hukum Curiga Soal Ini

Awalnya, Mahfud MD menerangkan polemik atas janggalnya harta ayah Mario Dandy Satriyo itu. Mahfud kemudian menanyakan ke Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) soal kebenaran harta Rafael Alun

"Terus ditunjukkan surat tahun 2013 kepada KPK, bukan kepada menteri keuangan. Ada suratnya, 'sudah dilaporkan pak bahwa ini agaknya kurang beres orangnya', 2013 surat itu disampaikan ke KPK," ujar Mahfud di Kementerian Keuangan, Sabtu 11 Maret 2023.

Forum Anti Korupsi Nasional Desak Mendagri Copot Sekda Aceh

Setelah itu, Mahfud MD berkomunikasi dengan pimpinan KPK, Firli Bahuri soal surat yang dimaksud. Firli mengaku awalnya dia tidak tahu-menahu.

"Saya sampaikan ke Pak Firli, 'Pak Firli kok ini ada belum ditindaklanjuti?' Pak Firli bilang 'wah saya belum tahu bos'. Sesudah itu saya kirim surat ini buktinya bahwa sudah masuk surat ke KPK," kata Mahfud.

Ganjar Pranowo Bantah Laporan IPW Soal Gratifikasi Bank Jateng

"Maka terus dipanggil kan, karena surat saya itu dan teriakan publik. Rp 56 miliar kekayaan tidak wajar. Sesudah diperiksa ulang semua transaksinya itu. Itu ada Rp 500 miliar yang terkait dengan dia," tambah Mahfud.

Sebelumnya diberitakan, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengungkap temuan baru tentang aset berupa uang yang diduga dimiliki mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak, Rafael Alun Trisambodo.

Halaman Selanjutnya
img_title