Gelar Sidang Isbat Hari Ini, Kemenag akan Tentukan Awal Ramadan

cara agar pusa diterima Allah
Sumber :
  • viva.co.id

BandungKementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia akan menggelar sidang Isbat untuk menentukan awal bulan suci Ramadan 1444 Hijriyah pada hari ini Rabu, 22 Maret 2023.

Menag Yaqut: Masyarakat Bisa Rayakan Lebaran Secara Bersama-sama

Sidang Isbat yang hendak dilaksanakan secara luring atau secara langsung itu, akan diikuti sejumlah Ormas Islam termasuk Majlis Ulama Indonesia (MUI) di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat.

Menurut informasi yang dihimpun tim VIVA Bandung, dikabarkan karena secara hisab semua sistem bersepakat bahwa ijtimak menjelang Ramadan jatuh pada hari Rabu, 22 Maret 2023. Karenanya, sidang Isbat akan digelar pada waktu yang sama.

Dapatkan Saldo DANA Gratis Rp 500.000 Hari Ini, Klik Link 'Berkah Ramadan'

Dengan demikian, bulan Sya'ban akan berakhir di tanggal 29 Sya'ban 1444 Hijriyah yang bertepatan dengan hari Rabu, 22 Maret 2023.

Sidang Isbat tersebut, akan diawali dengan seminar penyampaian posisi hilal oleh tim hisab rukyat Kemenag.

Begini Penampakan Ammar Zoni saat Bulan Ramadhan di Penjara

Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag RI, Kamaruddin Amin menyampaikan bahwa pada 26 Sya'ban 1444 H. ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk.

“Pada hari rukyat, 29 Syakban 1444 Hijriyah, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk, berkisar antara 6 derajat 46,2 menit sampai dengan 8 derajat 43,2 menit. Dengan sudut elongasi antara 7,93 derajat sampai dengan 9,54 derajat," kata Kamaruddin Amin di Jakarta pada Selasa, 21 Maret 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title