Sikat Gigi Saat Puasa Ramadan, Batalkah Puasanya?

Sikat gigi saat puasa batalkah?
Sumber :
  • viva.co.id

VIVA Bandung - Pada saat nelaksanakan ibadah puasa pada bulan ramadan, tentunya ada larang-larangang yang seharusnya kita jauhi sehingga tidak berakibat pada puasa kita yang batal.

Daftar Film Indonesia yang Disarankan Diboikot karena Diduga Menyesatkan

Menyikat gigi saat bulan suci Ramadan menjadi sebuah dilema. Pasalnya, banyak yang bimbang apakah boleh menyikat gigi saat menjalankan ibadah puasa atau tidak.

Ini menjadi sinyal masih banyaknya yang belum tahu hukum mengenai diperbolehkannya menyikat gigi. Sejatinya, kebersihan adalah sebagian dari iman islam.

Karena Memiliki Taring, Ustadz Khalid Basalamah Sarankan Umat Islam Tidak Pelihara Kucing

Lantas bagaimana hukumnya sikat gigi dalam keadaan puasa.

Quraish Shihab juga menjelaskan dalam bukunya Menjawab 1001 soal Keislaman yang Patut Anda Ketahui bahwa sikat gigi saat berpuasa diperbolehkan. Ia mengatakan, bahwa Rasulullah SAW tetap bersiwak ketika berpuasa. Jadi sikat gigi saat puasa itu boleh selama tidak tertelan dengan sengaja.

Mengenal Xinjiang, Destinasi Wisata Muslim di Dataran China

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah Cholil Nafis menjelaskan menyikat gigi di siang hari saat Ramadan tidak membatalkanpuasa. Oleh karena itu, meskipun menyikat gigi setelah azan subuh boleh dilakukan dan tidak mempengaruhi jalannya puasa.

Kebanyakan para ulama menyarankan bagi orang yang berpuasa untuk menyikat giginya terlebih dahulu sebelum waktu imsak datang atau setelah buka puasa.

Halaman Selanjutnya
img_title