Jusuf Kalla Dukung Timnas Israel Datang ke Indonesia, Ini Alasannya 

Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla
Sumber :
  • Instagram @jusufkalla

VIVA Bandung – Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla ikut angkat bicara terkait polemik pro kontra kedatangan Timnas Timnas Israel ke Indonesia untuk berlaga di Piala Dunia U-20 2023.

Gus Iqdam Beri Klarifikasi Usai Sebut Palestina Aman dan Damai: Perangnya itu di Gaza

Pria yang karib di sapa JK itu mendukung dan tidak mempersoalkan kedatangan Timnas Israel ke tanah air jika hanya untuk bermain bola di turnamen Internasional.

JK menilai, ajang ini justru dapat menjadi momentum bagi Indonesia untuk mengenal Israel jika memang ingin berperan aktif dalam menegakkan perdamaian di Timur Tengah melalui jalan dialog atau perdamaian. 

Warga Palestina Tetap Shalat Tarawih, Reruntuhan Bangunan Gaza Pengganti Masjid

"Jadi kalau Indonesia menerima kehadiran Israel dalam keikutsertaannya di Piala Dunia U20, justru menunjukkan peran aktif Indonesia dalam memperjuangkan hak hak bangsa Palestina, melalui jalur dialog untuk perdamaian kedua pihak," kata JK dalam keterangan tertulisnya, Selasa (28/03/2023).

Hal itu disampaikan JK saat menghadiri undangan buka puasa bersama warga muslim di Phnom Penh, Kamboja. Acara tersebut juga dihadiri Perdana Menteri Kamboja Hun Sen dan Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim.

Miris! Reruntuhan Bangunan Gaza Jadi Tempat Ibadah Warga Palestina

JK berpendapat, apabila Indonesia memang ingin membantu kepentingan rakyat Palestina, maka posisi yang harus diperkuat Indonesia adalah mengenal kedua belah pihak, yaitu Palestina dan Israel. Tujuannya agar Indonesia dapat mendorong mereka maju ke meja perundingan yang adil.

Halaman Selanjutnya
img_title