Umroh Atau Haji Ibadah Manakah yang Didahulukan, Begini Jawaban Ustaz Adi Hidayat

Mana yang lebih utama Umroh atau Haji, ini jawab Ustaz Adi Hidayat
Sumber :
  • viva.co.id

VIVA Bandung - Ibadah haji merupakan salah satu ibadah wajib bagi seluruh umat Islam. Namun, ibadah haji merupakan 'ideal' bagi umat Islam untuk datang ke Kota Suci Mekkah dan melihat keindahan Ka'bah di depan mata.

Sunan Kalijaga Unggah Foto Salmafina di Depan Kabah, Kembali Islam?

Ibadah haji merupakan salah satu kewajiban umat Islam yang dilakukan minimal sekali seumur hidup bagi mereka yang telah dewasa secara fisik dan finansial serta mampu untuk bepergian.

Sedang umroh tidak termasuk bagian dari rukun Islam yang wajib untuk dilaksanakan. Jadi meskipun umat Islam tidak melaksanakan hal tersebut tidak akan mendapatkan dosa.

Gak Nyangka! Begini Kisah di Balik Mualafnya Dokter Tirta, Karena Sang Ayah?

Namun ada ibadah lain yang juga dilakukan selain haji yaitu ibadah umrah. Lalu timbul pertanyaan mana yang harus diprioritaskan Umrah atau Haji?

“Kalau mampu dan bisa, dahulukan Haji, karena kalau sudah Haji nanti ada tiga peluang Haji,” kata Ustadz Adi Hidayat seperti dikutip dari kanal YouTube Tsaqofah TV, Kamis, 6 April 2023.

Raih Malam Kemuliaan di Bulan Ramadhan, Ustaz Adi Hidayat Ungkap Ciri-ciri Malam Lailatul Qadar

Menurutnya, jika sudah melalukan ibadah haji akan mempunyai kesempatan untuk umroh.

"Karena itu ayat dalam Al-Quran itu diurutkan dikata menyebutkan Haji, Umrahnya ikut pada Quran surah kedua Al-Baqarah ayat 196," ujar Ustadz Adi.

Halaman Selanjutnya
img_title