TNI Menempati Urutan Teratas Survei LSI dalam Aspek Kepercayaan Masyarakat

TNI teratas dalam survei LSI
Sumber :
  • viva.co.id

VIVA Bandung - Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengungkapkan hasil survei bahwa Tentara Nasional Indonesia (TNI) merupakan lembaga penegak hukum yang mendapat kepercayaan paling tinggi dari masyarakat.

Ramai Protes Film Kiblat, Ustadz Adi Hidayat: Baiknya Mengedukasi, Bukan Sekedar Mencari Peminat

"Dua teratas masih TNI dan Presiden, disusul Kejagung baru pengadilan, kemudian KPK dan kepolisian," ujar Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan kepada wartawan secara daring, Minggu, 9 April 2023.

Kemudian, Djayadi menjelaskan, tingkat kepercayaan publik paling rendah ditempati Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan partai politik (parpol).

Ridwan Kamil Blak-blakan Soal Putusan Maju Pilkada Jabar atau Jakarta

"Jadi kalau dilihat semua lembaga ini dalam konteks penegakan hukum, lembaga penegakan hukum yang terbawah yaitu KPK dan kepolisian tapi secara keseluruhan itu penilaian tingkat kepercayaan paling rendah masih ditujukan kepada masih DPR dan partai politik," kata Djayadi.

Djayadi kemudian memberikan perbandingan temuan terbaru dengan survei serupa tahun lalu. Alhasil, urutannya tidak banyak berubah.

Terungkap! Ini Alasan Denny Sumargo Belum Jadi Mualaf Meski Rajin Mempelajari Islam

"Tapi bila dibandingkan dua bulan terakhir atau Februari 2023, ada penilaian yang meningkat sedikit seperti kepolisian dari 61 persen menjadi 63 persen," ujarnya.

Survei LSI dilakukan pada 31 Maret hingga 4 April 2023. Populasi survei ini adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon.

Halaman Selanjutnya
img_title