Usung Ganjar Capres Tepat di Hari Kartini, Megawati: Pelopor Perjuangan Kaum Perempuan

Megawati Soekarnoputri mengumumkan Ganjar Prabowo capres PDIP
Sumber :
  • YouTube

VIVA Bandung – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri resmi mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden yang diusung oleh partainya. 

Kutuk Serangan Iran ke Tel Aviv, Presiden AS Joe Biden Ancam Akan Lakukan Ini

Pengumuman itu bertepatan dengan hari Kartini yaitu pada 21 April yang jatuh pada hari ini. Megawati mengungkap alasan Ganjar Pranowo diumumkan sebagai capres bertepatan pada hari Kartini karena pada tanggal ini Presiden Soekarno menetapkan RA Kartini sebagai pahlawan kemerdekaan nasional.

"Beliau sosok pembebas perempuan pelopor perjuangan kaum perempuan, ini bukan sekadar perjuangan emansipasi belaka, bukan pula hanya sekadar politik afirmatif, namun menyangkut hal mendasar terkait harkat dan martabat kaum perempuan. Sebab kata Bung Karno perempuan adalah jalan peradaban," kata Megawati di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat 21 April 2023.

Gerindra Pastikan Prabowo Akan Rangkul Lawan Politik, Sinyal PDIP Gabung Koalisi?

Megawati juga menyebut, sayap burung garuda kanan dan kiri adalah laki-laki dan perempuan. Jika salah satunya ada yang patah, apalagi perempuannya, maka burung Garuda tidak bisa terbang ke angkasa.

"Sebab itu saya sengaja memilih 21 April. Sekaligus sebagai tonggak perjuangan kaum perempuan Indonesia yang non-diskirimatif dan dijamin konstitusi negara," katanya.

Erdogan Beri Ucapan Selamat Kepada Prabowo: Anda akan Memberi Manfaat Untuk Dunia Islam

Sementara itu, Megawati mengatakan telah berdialog atau berdiskusi dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo, dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani sebelum memutuskan usung Ganjar Pranowo maju Pilpres 2024.

"Tugas dan tanggungjawab saya tersebut bukanlah sebuah hal yang ringan, karena itulah saya gunakan seluruh akal budi, mata hati, dan pikiran. Saya berdialog termasuk dengan Pak Jokowi termasuk jajaran internal partai, termasuk Mas Ananda Prabowo dan Mbak Puan Maharani, kader, dan petugas partai yang telah lama digembleng jadi pemimpin," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title