Meninggal di Tanah Suci, Begini Mekanisme dan Prosesi Pemakamannya

pemakaman haji
Sumber :

Viva Bandung – Jumlah Jemaah haji yang meninggal dunia sampai hari ini (Rabu, 14 Juni 2023) berjumlah 60 orang. Jemaah yang meninggal dunia bukan hanya di Madinah, tetapi juga di Mekkah dan Jeddah. Ada pula jemaah yang meninggal dalam perjalanan di pesawat.

Liga Muslim Dunia Tulis Sepucuk Surat Untuk Prabowo Soal Pilpres, Isinya Tak Terduga

Mengenai hal ini, Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, M Subhan Cholid mengatakan untuk jemaah haji yang meninggal, disiapkan beberapa lokasi pemakaman.

"Bagi para jemaah yang meninggal, dilakukan proses pemakaman, kalau di Madinah pemerintah Arab Saudi siapkan beberapa lokasi, tergatung pada situasi dan ketersediaan dan kesiapan lahan. Bahkan ada yang bisa di Baqi," katanya saat ditemui di Jeddah, Arab Saudi, Selasa, 13 Juni 2023.

Buya Yahya Komentari Soal Kematian Stevie Agnecya yang Diduga Kena Santet

"Sesungguhnya kami berusaha sebisa mungkin jemaah dimakamkan di Ma'la, tapi tentu saja ada kriteria-kriteria yang bisa dimakamkan di Ma'la tapi secara terbuka dan siap dipakai itu di wilayah Saroya, sebuah wilayah yang di dekat Arofah dan itu lahannya sudah disiapkan sangat luas," ujar Subhan lagi.   Ketentuan Bisa Dimakamkam di Ma'la

Hingga saat ini pihak pemerintah Indonesia tidak pernah diberitahu seperti kriteria jemaah haji yang meninggal bisa dimakamkan di Ma'la.

Pengakuan Stevie Agnecya Sebelum Meninggal Dunia, Pernah Disantet hingga Temukan Benda Aneh di Tubuh

"Kita tidak pernah diberitahu kriterianya apa, kita mengajukan, mengusulkan tapi nanti keputusannya di pengurus sana, kalau diterima ya diterima seperti dulu Mba Maimun Zubeir, jemaah haji juga. Tapi kita tidak pernah diberitahu kriterianya apa, mereka yang menentukan."

Untuk jemaah haji yang meninggal dunia di Jeddah, terang Subhan, kemungkinan juga bisa dimakamkan di Saroya. "Tempatnya namanya Saroya juga, sudah beberapa jemaah dimakamkan di sana setiap tahun ya di sana."

Halaman Selanjutnya
img_title