Viral Peribadatan Menyimpang di Ponpes Al Zaytun, Kemenag: Itu Bukan Ranah Kami

Ponpes Al Zaytun Indramayu
Sumber :
  • Wikipedia

VIVA BandungAjam Mustajam selaku Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Jawa Barat (Kemenag Jabar) menjelaskan bahwa pihaknya telah berkunjung ke Ponpes Al Zaytun untuk melakukan pemeriksaan terkait kurikulum yang dipakai di lembaga tersebut.

Rizky Febian dan Mahalini Dikabarkan Menikah Beda Agama, MUI Singgung Soal Zina

"Kami ke Mahad (lembaga pendidikan) Al-Zaytun hanya untuk monitoring dan evaluasi kurikulum serta izin operasional madrasah dan pesantren. Karena hal ini menjadi kewenangan kami," kata Ajam dalam keterangan resminya dikutip VIVA Bandung pada Kamis (15/6/2023).

Dalam kunjungannya, Ajam menyebut, pihaknya sudah mendapatkan penjelasan terkait kurikulum dan izin operasional Al Zaytun. Diketahui, Ponpes Al Zaytun masih memakai kurikulum yang ditetapkan pemerintah dan tidak menyimpang.

MUI Himbau Masyarakat Doakan Timnas Indonesia Juara Piala Asia 2024 dan Lolos ke Olimpiade Paris

"Jadi, ini yang kami maksud tidak ada penyimpangan, yakni dalam proses pembelajaran," ungkapnya.

Terkait praktik yang selama ini dipraktikan oleh Ponpes Al Zaytun, lanjut Ajam, tidak menyimpang dari syariat Islam. Menurutnya, yang disebut tidak menyimpang adalah soal kurikulum dan izin operasionalnya saja. 

Menag Yaqut: Masyarakat Bisa Rayakan Lebaran Secara Bersama-sama

Ponpes Al Zaytun Indramayu

Photo :
  • VIVA.co.id

"Soal pernyataan kami bahwa di Ma'had Al-Zaytun tidak ada penyimpangan adalah semata berhubungan dengan kurikulum dan izin operasional madrasah dan pondok pesantren," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title