Panji Gumilang Sebut Masjid Adalah Tempat Orang-orang Putus Asa

Ponpes Al-Zaytun
Sumber :

Viva Bandung – Panji Gumilang, pimpinan pondok pesantren Al-Zaytun Indramayu kembali membuat sebuah pernyataan kontroversi. Kali ini dia menyebutkan bahwa masjid adalah tempat untuk orang-orang putus asa.

Deretan Kontroversi Pendeta Gilbert, Singgung Konsep Zakat hingga Dituduh Selewengkan Uang Gereja

Dalam penyampaiannya kali ini, Panji membahas perihal kotak amal yang sering kali beredar di masjid. Menurutnya, hal ini sangatlah memalukan. Sampai saat ini, masih banyak masjid di Indonesia yang belum memiliki donatur tetap.

Terkait hal tersebut, pimpinan ponpes Al-Zaytun ini menyatakan bahwa masjid di Indonesia adalah masjid yang dipenuhi oleh orang-orang putus asa. Sementara dia beranggapan bahwa konsep masjid yang sebenarnya ada di Vatikan.

Profil Gilbert Emanuel, Pendeta yang Dikecam Gegara Singgung Zakat Umat Islam

“Masjid itu adanya di Vatikan sana, di sini (Indonesia) tempat orang-orang putus asa, masjid-masjid itu,” ujar Panji Gumilang dikutip dari akun TikTok Hery Patoeng.

Panji juga menyebutkan bahwa masjid di Indonesia tidak bisa disebut sebagai pusat peradaban. Sebab, masjid yang ada di sini masih kesulitan untuk mendapatkan uang dari jemaahnya.

Profil, Karir hingga Kontroversi Nasrullo Kabirov, Wasit FIFA yang Rugikan Timnas Indonesia

“Hanya duduk, dipaksa ngisi kaleng (kotak amal) keluar, selesai. Ini masjid peranannya, katanya, sebagai pusat peradaban, tidak ada. Yang ada peradaban pungutan uang.” kata dia

Menurutnya hal itu memalukan kalau disebut sebagai pusat peradaban. Dia merasa miris melihat kenyataan para jemaah akan memberi uang hanya ketika kotak amal diedarkan.

Halaman Selanjutnya
img_title