Muhammadiyah Imbau Jemaahnya Menyembelih Hewan Qurban Tanggal 29 Juni untuk Menjaga Kerukunan

sekum Muhammadiyah
Sumber :

Viva Bandung – Abdul Mu'ti, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, mengimbau warga Muhammadiyah yang akan melaksanakan salah iduladha pada Rabu, 28 Juni 2023 untuk menyembelih hewan kurban pada keesokan harinya, yaitu 29 Juni 2023.

Mbah Trimo Luruskan Kabar Wakaf 12 SPBU dan Cek Rp10 Miliar ke Muhammadiyah

Menurut Mu'ti, ini demi menjaga kerukunan dan saling menghormati serta ketertiban umum. Pemerintah sudah memutuskan berdasarkan sidang isbat yang dilakukan oleh Kementerian Agama, bahwa Iduladha jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023.

"Alangkah baiknya penyembelihan hewan qurban dan pembagiannya dilaksanakan pada 29 Juni atau setelahnya sebagai wujud toleransi dan saling menghormati," kata Abdul Mu’ti dalam akun twitternya @abe_mukti, pada Selasa, 20 Juni 2023.

Sering Dianggap Sama, Ternyata Ini Beda antara Muhammadiyah dan Salafi

Abdul Mu'ti, mewakili PP Muhammadiyah mengapresiasi pemerintah, khususnya Presiden Joko Widodo karena sudah memenuhi aspirasi Muhamadiyyah terkait penambahan hari libur pada 28 Juni 2023.

Menurutnya, penambahan hari libur ini menunjukkan komitmen yang kuat pemerintah terhadap prinsip-prinsip yang terkandung dalam konstitusi, terutama dalam menjamin kemerdekaan beragama dan kebebasan warga negara untuk melaksanakan ibadah.

Jawa Barat Terpilih Sebagai Provinsi dengan Pembangunan Daerah Terbaik Se-Indonesia

Keputusan ini memberikan jaminan kepada umat Islam, bahwa mereka dapat melaksanakan ibadah Salat Idul Adha dengan aman, tenang, dan damai.

"Penambahan tersebut menunjukkan komitmen Pemerintah terhadap Konstitusi terutama dalam menjamin kemerdekaan warga negara untuk melaksanakan ibadah sesuai dengan keyakinannya," ujar Mu'ti.

Halaman Selanjutnya
img_title