Jemaah Haji Tahun Ini Bisa Dapat Jatah Hingga 10 Liter Zamzam

Ilustrasi, Ibadah Haji 2022.
Sumber :
  • Pixabay / Konevi

viva Bandung – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas membawa kabar gembira untuk para jemaah haji Indonesia. Jemaah haji Indonesia 1444 H/2023 M akan mendapatkan air Zamzam sebanyak 10 liter.

Menag Yaqut: Masyarakat Bisa Rayakan Lebaran Secara Bersama-sama

Ini disampaikan langsung oleh Menteri Agama setelah 369 jemaah kloter pertama Embarkasi Batam (BTH 01). Jemaah ini adalah kloter perdana yang akan kembali ke Indonesia.

"Kalau sebelumnya jatah Zamzam hanya 5 liter, tahun ini kita putuskan menambahkan 5 liter Zamzam untuk jemaah haji dan petugas," terang Menag Yaqut diikuti teriakan alhamdulillah dari para jemaah, di Syisyah-Makkah.

Potensi Perbadaan Awal Ramadhan Mungkin Terjadi, Menag Imbau Umat Islam Tetap Rukun

"10 liter air Zamzam akan dibagikan di asrama haji debarkasi. Mudah-mudahan air Zamzam yang diberikan membawa berkah buat bapak ibu semuanya," sambungnya. 

Kebijakan menambah 5 liter air Zamzam ini sebagai bentuk kecintaan atau tali asih kepada jemaah. Menurutnya, membawa air Zamzam yang lebih banyak menjadi harapan seluruh jemaah haji Indonesia. 

Musim Haji Usai, 77 Jemaah Haji Indonesia Masih Tertahan di Arab Saudi karena Jalani Perawatan di Ru

“Jemaah sudah ditambah air Zamzamnya menjadi 10 liter. Saya minta jemaah tidak memasukkan air Zamzam ke dalam koper karena itu dilarang dalam aturan penerbangan. Koper jemaah yang membawa air Zamzam akan dibongkar,” pesan Menag.

Fase pertama jemaah haji Indonesia diberangkatkan mulai hari ini. Ada 8 kloter yang diberangkatkan dari Makkah ke Jeddah.

Halaman Selanjutnya
img_title