Jemaah Haji Asal Probolinggo Hilang Saat Melempar Jumroh, Begini Kronologinya

Ilustrasi, Ibadah Haji 2022.
Sumber :
  • Pixabay / Konevi

Viva Bandung – Tiga orang jemaah haji asal Indonesia dikabarkan hilang ketika melaksanaan ibadah haji di Mekkah, Arab Saudi. Satu orang telah ditemukan dan dirawat di rumah sakit setempat. Sedangkan dua orang lainnya masih dalam proses pencarian, salah satunya jemaah dari Probolinggo Jawa Timur. 

Pasca Serangan Iran Meluluhlantakan Israel, Arab Saudi Desak PBB Lakukan Hal Ini

Jemaah haji yang hilang dari Probolinggo tersebut adalah Niron Sunar Suna (77 tahun) yang terbang melalui Embarkasi Surabaya, SUB 65.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Jawa Timur, Husnul Maram, mengatakan, sampai sekarang Niron belum ditemukan dan masih dalam penyisiran.

Respon Menohok Arab Saudi Soal Perang Iran Vs Israel

"Tim kami yang ada di Saudi Arabia semuanya sudah menyisir, baik ke rumah sakit atau pun tenda, dan sebagainya, maupun di lokasi yang dekat dengan Mina," kata Husnul Maram di Asrama Haji Surabaya di Sukolilo, Selasa, 11 Juli 2023.

Hilangnya Niron ini berawal dari ketika KBIH yang diikuti Niron dan istrinya serta beberapa jemaah haji lain berangkat dari tenda untuk melempar jumroh pada 29 Juni 2023 setelah subuh. Padahal, jadwal melempar jumroh adalah pukul 16.30 waktu setempat.

Akun Instagram Sandra Dewi Mendadak Hilang, Ahli Hukum Curiga Soal Ini

"Tetapi oleh KBIH mengambil [pelaksanaan melempar jumrah) awal, yakni bakda Subuh, sehingga oleh petugas sudah diketahui, tapi itu di luar jadwal. KBIH-nya mungkin menginginkan [lebih awal karena] dingin suasananya," ujar Maram.

Setelah melempar jumrah, rombongan pun naik ke Maktab di Mina.

Halaman Selanjutnya
img_title