Bandung Mengalami Suhu Dingin hingga 17 Derajat Celcius, Ketahui Penyebabnya

Jalan Asia Afrika Kota Bandung
Sumber :
  • Pinterest

Viva Bandung – Meskipun sedang musim kemarau, namun suhu udara di kota Bandung justru sedang dingin. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Bandung mencatat bahwa dalam lima hari terakhir (14-18 Juli 2023), suhu minimum Bandung mencapai 17 derajat celcius. Ini di bawah suhu minimum normal.

Update Informasi Ancaman Gelombang Air Laut Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Sabtu 27 April 2024

Hal itu diakui oleh Kepala BMKG Kota Bandung, Teguh Rahayu kepada Humas Kota Bandung pada Kamis, 20 Juli 2023. Dia menjabarkan bahwa suhu udara dingin belakangan ini adalah fenomena alamiah yang umum terjadi ketika masa puncak kemarau pada Juli-Agustus.

"Pada tanggal 14-18 Juli, BMKG mencatat suhu Kota Bandung sempat mengalami kenaikan dari 19 derajat ke 20 derajat celsius. Namun pada tanggal 18 Juli memang terjadi penurunan suhu ke 17 derajat celsius," kata perempuan yang kerap disapa Ayu, Kamis 20 Juli 2023.

Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Hari Ini, Sabtu 27 April 2024

Ayu menjelaskan, terlihat suhu udara minimum mengalami perubahan signifikan pada Selasa, 18 Juli 2023 yakni mencapai 17 derajat celsius. Padahal nilai suhu minimum normal pada bulan Juli adalah 18,2 derajat Celsius, dan pada Agustus nilainya 17,5 derajat Celsius.

Ia memaparkan, suhu dingin ekstrem memang cenderung berpeluang terjadi saat musim kemarau, terutama di malam hari. Saat musim kemarau, pada siang hari, terik sinar matahari maksimal karena tidak ada tutupan awan. Akibatnya permukaan bumi menerima radiasi yang maksimal. 

Prakiraan Cuaca Kota Bandung Hari Ini, Sabtu 27 April 2024

Sedangkan pada malam hari, bumi akan melepaskan energinya karena tidak ada awan. Pada malam hingga dini hari, radiasi yang disimpan di permukaan bumi akan dilepaskan dengan maksimal.

"Kondisi inilah yang kemudian menyebabkan permukaan bumi mendingin dengan cepat karena kehilangan energi secara maksimal. Dampaknya adalah suhu minimum atau udara dingin yang ekstrem di malam hingga dini hari," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title