Menag Yaqut Evaluasi Sejak Manasik Haji Terkait Aksi Vandalisme Tulisan "Depok" di Gua Hira

Menag Yaqut
Sumber :

Viva Bandung – Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Agama, akan memasukkan larangan aksi mencoret-coret ketika melakukan ibadah haji dalam proses manasik haji. Materi itu adalah bentuk evaluasi atas aksi oknum jemaah haji Indonesia yang viral setelah melakukan vandalisme di Gua Hira.

Tok! Pemerintah Tetapkan Awal Ramadhan 1445 H Jatuh Pada Selasa 12 Maret 2024

"Vandalisme ini sesuatu perbuatan yang menurut saya, di manapun apalagi di tanah suci, apalagi di Gua Hira yang sangat bersejarah itu, tidak patut dan ini catatan kami. Di mana, ke depannya menjadi bagian manasik haji," katanya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis, 27 Juli 2023.

Materi tersebut akan memberikan penjelasan kalau aksi vandalisme itu tidak boleh dilakukan. Selain itu, catatan lain tentang tata cara kepada para jemaah mengenai tata cara memakai toilet di pesawat.

Potensi Perbadaan Awal Ramadhan Mungkin Terjadi, Menag Imbau Umat Islam Tetap Rukun

"Banyak catatan atau evaluasi soal pelaksanaan haji tahun ini, selain soal larangan vandalisme, kita akan memasukkan juga materi soal tata cara menggunakan toilet di pesawat," ujarnya.

Diketahui sebelumnya, vandalisme itu dibagikan oleh Habib Ja`far dalam video dengan durasi 16.54 menit. Di mana, vadalisme yang terjadi di lokasi bersejarah itu sangat disayangkan. Bahkan, dari vandalisme yang ada, terdapat beberapa nama-nama orang Indonesia dan kota Depok.

Waketum MUI Sebut Gagasan Kemenag Soal Nikah Semua Agama di KUA 'Bermasalah'